PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 UMBU RATU NGGAY

  • Elensi Maramba Hau Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Vidriana Oktoviana Bano Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Riwa Rambu Hada Enda Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Keywords: Model Pembelajaran; Numbered Head Together; Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menggunakan dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari beberapa tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B yang berjumlah 23 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Peningkatan tersebut dapat dilihat selama pra siklus, silkus I dan siklus II lewat pembelajaran yang dilakukan. Pada tahap prasiklus siswa yang tuntas berjumlah 8 orang dengan persentase 35% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 15 orang siswa dengan persentase 65%. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang dengan persentase  78% sedangkan yang tidak tuntas  berjumlah 5 orang siswa dengan persentase 22%. Pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 21 orang dengan persentase 91 % sedangkan yang yang tidak tuntas berjumlah 2 orang dengan persentase 9 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay

References

[1] Djamarah, S. B (2005:22. Guru dan anak didik dalam interaksi anak didik, Rineka cipta: Jakarta.
[2] Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
[3] Prastiwi, M.D & Nurita, T. (2018:98). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. E-Journal Pensa, 6(2), 98-103.
[4] Affandi, R., Budiardi, T., & Wahju, R. I. (2013:22). Pemeliharaan Ikan Sidat dengan Sistem Air Bersirkulasi (Eel Rearing in Water Recirculation System). Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 18(1): 55–60.
[5] Farih, M.N. (2020:3). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah Di Sma Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Semarang.
[6] Kristian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sdn 4 Banda Aceh. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 71–82.
[7] Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran inovatif berorientasi kontrusk tivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.
[8] Spencer, Kagen. (1993). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan Cooperative Learning.
[9] Ibrahim, M., Rachmadiarti, F. Nur, M & Ismono 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
[10] Hamdani, M.S., Mawardi, & Wardani, K.W. (2019:443). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440-447.
[11] Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69-81.
[12] Anggela, T. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togethers (Nht) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
[13] Haniyah, L., Bektiarso, S. & Wahyuni, S. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 53-39.
[14] Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
[15] Nugraha, S.A., Sudiatmi, T. & Suswandari, M. (2020:270). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
[16] Galis, R. & Riwanto. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Alat Indra Manusia di Kelas XI IPA Ma. Muhammadiyah Nangahure Kabupaten Sikka. Jurnal Penelitian Biologi, Pendidikan Biologi Dan Pengajaran, 1(1), 1-5.
[17] Tambun, N.K. (2023:24). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas VI SD, Journal of Education Action Research, 7(1), 24-31.
[18] Kondang, D. D., Bano, V. O. & Njoeroemana, Y. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Nggoa. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 4(2), 104-115.
[19] Aselinda, P., Bano, V. O. & Njoeroemana, Y. (2023). Penerapam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk mengkatkan hasil belajar di SMP Kristen Payeti. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7673-7682.
[20] Huki F. P., Bano, V. O & Njoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiri) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857-7867
Published
2023-05-31
How to Cite
Hau, E., Bano, V., & Enda, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 UMBU RATU NGGAY. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 89-98. https://doi.org/10.47492/jip.v4i1.2607
Section
Articles