PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PHYGORAS

  • Al Ikhlas Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh, Jambi
Keywords: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar & Teorema Phytagoras

Abstract

Berdasarkan observasi, masalah yang dihadapi saat ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran matematika (rata-rata dibawah KKM). Berdasarkan permasalahan di atas peneliti tertarik Untuk megadakan penelitian tentang Pengaruh  Pendekatan  pembelajaran  Saintifik  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa   pada   materi  Operasi Aljabar  di  kelas  VIII  SMP  Negeri  7  Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh  Pendekatan  pembelajaran  Saintifik  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat Pengaruh  Pendekatan  pembelajaran  Saintifik  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan yang berbeda terhadap 1 eksperimen dan 1 kelas kontrol dalam pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIIIA, VIII B Dan VIII C yang berjumlah 3 kelas. Untuk memilih sampel dilakukan secara random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang berbentuk essay sebanyak 10 butir, sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal diujicobakan. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelompok Pendekatan Pembelajaran Saintifik sebesar 76,74 dan kelompok model pembelajaran konvensional  sebesar 69,58. Dimana nilai  sig. (2-tailed)  0,014  < 0,05  sehingga  dapat  disimpulkan  terdapat  pengaruh  pendekatan  pembelajaran  saintifik  terhadap  hasil  belajar  matematika  siswa.

References

[1] Abdullah, S.R., 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
[2] Aunurrahman, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
[3] Hosnan, M., 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21, Jakarta: Ghalia Indonesia.
[4] Kasmadi., & Sunariah, N. S., 2013. Panduan modern penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[5] Kosasih., 2015. Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: YRAMA WIDYA.
[6] Kurinasih, I. B. S., 2014. Implementasi kurikulum 2013 konsep dan penerapan. Surabaya: Kata Pena.
[7] Kurinasih, I. B. S., 2014. Sukses Mengimplementasikan kurikulum 2013 memahami berbagai aspek dalam kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
[8] Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. Padang : UNP Press.
[9] Made, N.D.P., Rini, K.M.G., & Nyoman, G.N (2015). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pengetahuan bahasa Indonesia (Keterampilan menulis) tema cita-citaku ditinjau dari cara guru bertanya. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. (Volume : 3 no : 1 : 1-12).
[10] Purwanto, 2013. Evaluasi hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[11] Riduwan. 2010. Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: ALFABETA.
[12] Taniredja, T., & Mustafidah, H., 2011. Penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[13] Wahyu, H.P. 2015. Pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar tema tempat tinggalku pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Penawangan, Grobogan tahun 2014/2015. Skripsi. Sukarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Published
2020-11-25
How to Cite
Ikhlas, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PHYGORAS. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395-1406. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.259
Section
Articles