STRATEGI PROMOSI WISATA SUMBER MATA AIR SAILONG, SULAWESI SELATAN

STRATEGI PROMOSI WISATA SUMBER MATA AIR SAILONG, SULAWESI SELATAN

  • Sofiani Sofi Universitas Bunda Mulia
Keywords: Strateg, Promosi, Peningkatan Kunjungan.

Abstract

Daya Tarik wisata adalah Segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan. Sailong merupakan desa yang masih asri dan kaya akan keindahan alam ini memiliki sebuah mata air yang mampu menghidupi kebutuhan air untuk desa sailong sendiri dan desa-desa lain di sekitarnya. Air yang jernih dan terdapat kolam yang di perbaiki dan di bentuk untuk di jadikan pemandian membuat mata air ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber air untuk desa. Mata air ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata lokal baik untuk warga sekitar ataupun warga pendatang lainnya. Kurangnya perhatian dari berbagai pihak membuat mata air ini kurag terurus dan mengalami beberapa kerusakan, pada dasarnya kolam mata air ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai atraksi wisata untuk desa sailong. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian adalah Pada strategi Periklanan (Advertising), masih menggunakan media promosi dari mulut ke mulut dan mengandalkan media social dari pengunjung untuk menunjukan keindahan dari area mata air sailong. Pada strategi Penjualan Perorang (Personal Selling), mata air sailong tidak mengadakan event-event yang mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke area destinasi wisata. Pada strategi Promosi Penjualan (Sales Promotion), Promosi penjualan yang dilakukan pengurus area mata air sailong menggunakan media periklanan. Pada Hubungan Masyarakat (Public Relations), Pengurus area mata air sailong berkerja sama dengan warga sekitar untuk kemajuan objek wisata mata air sailong. Pada strategi Pemasaran Langsung (Direct Marketing), pemasaran langsung pada objek wisata mata air sailong masih belum dilaksanakan, karena ada beberapa kendala seperti kurangnya pemahaman masyarakat setempat sehingga untuk pemasaran secara langsung yang dilakukan masih kurang optimal.

References

A, Ibrahim, M. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Boyd, Harper W, Orville C Walker and Jean Claud L. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Cicilia Iswidyamarsha, Yudhiet Fajar dewantara. PENGARUH FASILITAS WISATA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI DUNIA AIR TAWAR DAN DUNIA SERANGGA TMII. Sadar Wisata, 2 (2). 72-80.
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Laras Gandini, A., & Safitra, L. (2021). UPAYA PEMERINTAH DESADALAM MENINGKATKAN PERAN MASYARAKAT MENUJU DESAEKOWISATA (Studi Pada Desa Rindu Hati Kec. Taba Penanjung Kab.BengkuluTengah). Jurnal IDEAhttps://jogjaprov.go.id/
Imam Ardiansyah. 2022. Analisis Stakeholder Dalam Pengembangan Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Kabupaten Bogor. Jurnal of Tourism and Education, 6(1), 1-8.
Lubis, Zulkarenain & Osman, Abdullah. 2014. Indonesian Tourism Sector: A Potential Sector That Has Not Been Optimized. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 8(23): 286-290.
Meilani, C. (2013). Analisis swot untuk menentukan strategi kompetitif. Academia.
Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nugroho, D. S. (2017). Desa Wisata Sebagai Community Based Tourism. Upajiwa Dewantara, 1(2), 68–82. https://doi.org/10.26460/mmud.v1i2.1974
Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jurnal Penelitian Liquidity Vol 1 No 2, Juli-Desember 2012, Hal 153-158. Jakarta: FE Pancasila
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Swastha, Basu dan Irawan. 2011, Manajemen Pemasara n Modern. Yogyakarta: Liberty.
Published
2023-05-30
How to Cite
Sofi, S. (2023). STRATEGI PROMOSI WISATA SUMBER MATA AIR SAILONG, SULAWESI SELATAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.47492/jip.v4i1.2571
Section
Articles