KUALITAS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TIDORE KEPULAUAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan dengan tujuan untuk menginvestigasi sejauh mana kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan dalam pembuatan Akta Kelahiran memuaskan masyarakat serta faktor-faktor yang menghambat kualitas layanan di sana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun beberapa fasilitas sudah tersedia, pencapaian kualitas layanan dinilai belum memuaskan.
References
[2] Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Edisi Revisi). Yogyakarta :Gava Media.
[3] Ratminto dan Atik Septi Winarsih. (2007 ). Manajemen pelayanan . Yogyakarta.
[4] Sinambella. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
[5] Tjipjono, Fandy, (2000). Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Andi Yogyakarta
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.