PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS III SD

  • Khuzaimah Khuzaimah Pasca Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Dosen Pendidikan Dasar, FIP Universitas Negeri Padang
  • Risda Amini Dosen Pendidikan Dasar, FIP Universitas Negeri Padang
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar & Media Visual

Abstract

Masalah utama dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik, yang  disebabkan oleh kurang optimalnya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran selama proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes yang diidentifikasi nilai rata-rata ulangan harian siswa yang masih rendah pada setiap mata pelajaran dan melalui wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Raudhatul Jannah semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian adalah peserta didik  kelas III berjumlah 24 siswa Analisis data dalam penelitian ini adalah secara deskripsi kuantitatif, dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu Tema Lingkungan dengan sub tema Lingkungan Rumahku. Hasil penelitian terlihat pada lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II berada dalam kategori baik. Sedangkan berdasarkan hasil tes siklus I siswa tuntas individu sebanyak 16 orang dari 24 siswa. Dengan ketuntasan klasikal 67%. Sedangkan pada siklus 2  peserta didik  yang tuntas individual 22 orang dari 24 siswa dengan ketuntasan klasikal 92 %. Dapat disimpulkan bahwa  dengan menggunakan media visual dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik peserta didik  di kelas 3

References

[1] Arsyad. (2015). Media Pembelajaran. Kharisma Putra Utama Offset.
[2] Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
[3] Hura, F., S, N., & Taufik, T. (2018). Implementation of Character Education and Improvement of Skill Writing Descriptive in Class 4 SDN 075043 Oladano. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia. https://doi.org/10.24036/4.32139
[4] Kemmis, Stephen and McTaggart, R. (2014). The Action Research planner. Springer Singapore Heidelberg.
[5] Setiawan, E. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa).
[6] Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
[7] Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar. Jurnal Pendidikan.
[8] Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi.
[9] Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Jakarta.
Published
2020-11-25
How to Cite
Khuzaimah, K., Hadiyanto, H., & Amini, R. (2020). PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS III SD. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1331-1334. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.254
Section
Articles