PENERAPAN MEKO NUMHETOG BERBANTUAN MEDIANI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MAPEL SINANDUNG DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO

  • Karsukmia Nandja Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purwokerto Jawa Tengah
Keywords: Meko Numhetog, Mediani, learning outcomes, Sinandung

Abstract

The researched aims to apply the Numhetog (Number Head Together) Cooperative Learning Model assisted by Mediani (Animated Media) to increased the activities and learning outcomes of students in the Sinandung subject (Construction of Buildings) at SMK Negeri 2 Purwokerto. Researchers used observation techniques from data facts that were used as the basis for classroom action research. The researcher identified the problem so that alternative learning improvements were found. The numhetog learning model (NHT), with animated media, makes learning more innovative, active, creative and fun. Class action research with initial conditions (pre-cycle), actions (Cycles 1 and 2), and final conditions. The results of the research on student learning activities increased 12.12% from pre-cycle activities to cycle I, and increased 6.79% from cycle I to cycle II activities. An increase in the number of students achieving the minimum completeness criteria (KKM) of 60.61% in cycle I. It increased to 78.80% in cycle II and the final cycle reached 89.66% of these students indicating that there was achievement of mixed classical mastery criteria ≥ 85%

References

[1] Abdilah, M. M. E., Fadila, J. N., & Nugroho, F. (2021). Metode Pose to Pose untuk Membuat Animasi 3 Dimensi Islami" Keutamaan Berbuka Puasa". Jurnal Sains dan Informatika, 7(2), 145-154.
[2] Arpiah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 43-52.
[3] Faradila, A., Mansur, R., & Dina, L. N. A. B. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Proses Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswi Sma Al-Rifa’ie. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 7(8).
[4] Firmansyah NST, A. (2021). Upaya Peningkatan Terhadap Prestasi dan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
[5] Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.
[6] Nandja, K. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Animasi pada Mata Pelajaran Konstruksi Beton di Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Purwokerto. Sainteks, 9(2).
[7] Nandja, K. (2020). Investigasi Empiris Pengembangan Desain Pembelajaran Pada SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti Berbasis Kompetensi. Iteks, 12(1).
[8] Nurwadani, P. A., Syarifuddin, S., Gunawan, G., & Dusalan, D. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 25-38.
[9] Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan model discovery learning berkolaborasi google classroom dan whatsapp group untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159-168.
[10] Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.Putra, D. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88-93.
[11] Rompas, J. H., Sompie, S. R., & Paturusi, S. D. (2019). Penerapan Video Mapping Multi Proyektor Untuk Mempromosikan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 493-504.
[12] Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Gunawan, I. (2022). Strategi belajar mengajar. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
[13] Siburian, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Number Head Together) Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 1-9.
[14] Simanungkalit, M. (2021). Penerapan pembelajaran aktif kooperatif melalui metode numbered head together (nht) sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa-biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 7(1), 89-102.
[15] Sulfemi, W. B. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 232-245.
[16] Susilowati, Y., & Sumaji, S. (2021). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 5(2), 62-71
Published
2023-03-11
How to Cite
Nandja, K. (2023). PENERAPAN MEKO NUMHETOG BERBANTUAN MEDIANI UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MAPEL SINANDUNG DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7883-7890. https://doi.org/10.47492/jip.v3i10.2530
Section
Articles