ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SEKOLAH DASAR

  • Dewi Widiana Rahayu Prodi PGSD, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mohammad Taufiq Prodi PGSD, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Keywords: Pendidikan Karakter & Living Values Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui living Values Education di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini didasari oleh paradigm konstuktivistik dengan seperangkat prosedur metodologis naturalistic (nyata/alami), dengan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengambilan data. Teknik analisis data menggunakan model analissi Miles&Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di SDN Kranggan 4 Kota Mojokerto selama masa pandemi terlihat dalam kegiatan-kegiatan belajar dari rumah melalui pemberian tugas-tugas kecakapan hidup misalnya menyiram tanaman, akti. Dengan demikian akan diperoleh suatu gambaran yang sistematis, aktual, akurat mengenai fakta-fakta tentang penguatan pendidikan karakter yang dikembangkan selama wabah COVID-19 dengan program School from Home. Peran orang tua dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter, kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan LVE, serta upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut secara luas dan mendalam dan dilakukan kategorisasi dalam tema-tema untuk menemukan konsepsi tematik mengenai penguatan pendidikan karakter melalui LVE. Berdasarkan temuan yang berupa proposisi-proposisi yang selanjutnya dilakukan analisis pengembangan kerarah konseptual untuk mendapatkan abstraksi tentang penguatan pendidikan karakter melalui LVE di Sekolah Dasar.

References

[1] Nuryana, Ina. 2010. Studi Kasus Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Amanah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.Tesis. Surabaya: PPS Unesa. Tidak Diterbitkan.
[2] Rahayu, Dewi Widiana (2016) Internalisasi Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Buana Pendidikan, 12 (22). pp. 49-68. ISSN 1693-8585
[3] Prihartanti, N. (2008). Model pembelajaran toleransi pada siswa sekolah dasar. Proceedings Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Bandung : Universitas Padjajaran.
[4] Fitri, Zaenul Agus. 2012. Reinventing Human Character Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
[5] Said, Moch. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: Jaring Pena.
[6] Tillman, Diane. 2004. Living Values Activities for Young Adults(Pendidikan Nilai untuk Kaum Dewasa-Muda) terj. Risa Praptono dan Ellen Sirait. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
[7] Nasution. 2003. Metode Researce(Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[8] Somantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya
Published
2020-11-25
How to Cite
Rahayu, D., & Taufiq, M. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1305-1312. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.252
Section
Articles