PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII

  • Ike Susin Ardila Wahi Lawe Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Njoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif, Picture and picture, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makluk hidup dengan lingkungannya. penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Menggunakan pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas VIIa (kelas eksperimen) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan VIIb sebagai (kelas kontrol) menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Pandawai, semester genap, T.A 2021/2022. Instrumen penelitian berupa tes tertulis sebanyak 10 soal pretest dan 15 soal postest berbentuk pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t (paired sampel t-test) dan uji N-gain menggunakan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data rata-rata nilai postest kelas eksperimen adalah 67,73 dan kelas kontrol 50,00. Hasil uji hipotesis dengan uji paired sampel t-test diperoleh hasil sig (2-tailed)< 0,05 (0,00<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII.

Author Biographies

Ike Susin Ardila Wahi Lawe, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Yohana Njoeroemana, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

References

[1] N. Harahap, 2014, Nurmahni Harahap, Hubungan Antara Motivasi ..., vol. V, pp. 35–46
[2] V. L. P. Sutrisno and B. T. Siswanto, 2016, Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta, J. Pendidik. vokasi, vol. 6, no. 1, pp. 111–120.
[3] A. dan S. M. Marus, 2013, Dampak Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ips, pp. 1–9.
[4] N. Made, D. Handayani, N. N. Ganing, and N. W. Suniasih, 2017, Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA, vol. 1, pp. 176–182.
[5] D. Daswati, 2020, Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture, JESS (Journal Educ. Soc. Sci., vol. 4, no. 2, p. 197, doi: 10.24036/jess.v4i2.281.
[6] Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.
[7] A. Supriyono, 2009, Cooperatif learning, Yogyakarta: Putaka Belajar
[8] O. Yundani., 2017, Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Baitusalam, pp. 1–72.
[9] V. O. Banno, D. Nd. Marambaawang, & Y. Njoeroemana, 2022, Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu, J. ideaspublishing.co.id, vol. 8, no. 1, pp. 145–152.
[10] A. A. Gaffar, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA, J. Bio Educ., vol. 3, no. 1, pp. 10–21.
[11] M. Romantin and S. Sugiyono, 2015, Pengaruh CAR, LDR, BOPO Terhadap ROAA Pada Bank Swasta Yang Terdaftar BEI, J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 4, no. 6.
[12] S. Sugiyono, E. Listyani, H. P. Lestari, A. Dhoruri, and M. Murdanu, 2015, Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Perkuliahan Geometri untuk Membangun Karakter Mahasiswa, J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 1–9.
[13] W. Silviah, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Bakteri di MAN 1 Tangerang, Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
[14] Dahlia , Rena Lestari , Eti Meirina Brahmana , Rindi Genesa Hatika , Sri Hariyanti 2021, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Sistem Pencernaan " Nasution Program Studi Pendidikan Bio,” vol. 10, no. 2, pp. 1–6.
[15] W. Y. Widyawati, 2019, Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas, KREDO J. Ilm. Bhs. dan Sastra, vol. 2, no. 2, pp. 226–241.
[16] R. P. Telussa, U. Satya, and W. Mandala, 2020, Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, vol. 8, no. 2.
[17] U. Veroneka, M. Musa, and D. Gusfarenie, 2020, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Minat dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA Pada Pembelajaran Biologi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
[18] T. Nurrita, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, J. misykat, vol. 3, no. 1, pp. 171–187.
[19] E. Amini et al., 2021, Jurnal basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 343–349.
[20] Y. T. Lokat., 2022 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. J. Pendidikan Biologi., vol. 5, no. 2, pp. 126–135.
Published
2023-03-02
How to Cite
Wahi Lawe, I. S. A., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7869-7876. https://doi.org/10.47492/jip.v3i10.2515
Section
Articles