PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU

  • Frengki Panda Huki Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Ndjoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Model pembelajaran, Inkuiri terbimbing, Media gambar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada mata pelajaran IPA terpadu materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu prasiklus, siklus I dan II. Siklus I dan II terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Ranah kognitif menggunakan posttest sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi di SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Persentase siswa yang tuntas pada Prasiklus I6,1%, Siklus I 86,1%, dan siklus II 88,8%. Aspek psikomotorik siklus I 55,5%, dan siklus II 63,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terpadu berbantuan media gambar SMP Negeri 1 Lewa Tidahu.

Author Biographies

Frengki Panda Huki, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Yohana Ndjoeroemana, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

References

[1] Widiantono & Hajono, (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 199-213.
[2] Santiasih, (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.1 Kerombakan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2013/2014, JPGSD. 10 (2). 203-205.
[3] D. D. Kondang, V. O. Bano, and Y. Ndjoeroemana, 2022, Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Nggoa, J. KRADITAMA SAINS DAN Teknol., vol.4, no.2,, pp. 104-115.
[4] Wahyuni, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen Terhadapa Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisikan dan Teknologi. 10 (2). 56-57.
[5] Y, P. M., Suratno & Aisyah, I. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Menggunakan Metode Ekperimen Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Jurnal Pancaran. 4. (2). 163-172.
[6] Mertiana. (2011). Penegaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA di kelas VI SD Santo Yoseph 1 Denpasar Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmu Pengetahuan Alam. 109-111.
[7] Sanoto, H., & Pulungan, D. S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Ipa Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 6 (5). 25-32.
[8] G. Tarapanjang et al., 2022, Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMAN 1 Kahaungu Eti, vol. 14, pp. 175-182.doi:10.25134/quagga.v14i2.4500.Received.
[9] Husniatun, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas 1. a Sdn 03/Ix Senaung. Jurnal Literasiologi. 3 (2), 69-81. https://doi.org/10.47783/literasilogi.v3i2.95.
[10] Damayati. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran IPA. JPGSD. 10 (2). 34-35.
[11] Wulaningsi. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Sains ditinjauh dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2). 33-34.
[12] I, I., Mosik, M., & Subali. B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 3 (2). 150-160.
[13] J, Ricardus., T, H. Pius., & S. Rosnadiana, (2018). Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia Siswa. Journal of Komodo Science Education. 1 (1). 95-105.
[14] Z, R.., Adlim, dan Safitri, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 56-63.
[15] S, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 8 (2). 93-100.
[16] E. M. Hayu. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan inkuiri pada siswa kelas IV SD 11 Purwodadi Kabupaten Grobongan Semester II Tahun 2011/2012. Skripsi PTK Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. 6 (5). 25-32.
[17] M. S. Dwi. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siwa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Werdoyo Kecamatan Godong Kabupaten Grobongan Semester II Tahun 2010/2011. Skripsi PTK Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. 6 (5). 25-32.
[18] M, Y. Perdana., Y. Fitrisia., & Y E. Putra. (2012). Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Organ Pernapasan Manusia Pada Smartphone Android. Jurnal Humans. 1 (1), 127-130.
[19] Tursinawati. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. Jurnal Pedidikan Serambi Ilmu, 11 (2): 1693-4849.
[20] A. L. S., Ramdani, A., & Merta, I W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J. Pijar MIPA. 13 (2). 94-99.
[21] Subandriyo and R. Faishol, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Al Hikmah, J. Pendidik. Islam dan Kaji. Keislam., vol. 2. No. 1. pp. 19-32.
[22] A. W. Santosa, & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. 5 (1). 81-95.
Published
2023-03-02
How to Cite
Huki, F., Bano, V., & Ndjoeroemana, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEWA TIDAHU. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857-7868. https://doi.org/10.47492/jip.v3i10.2514
Section
Articles