ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT BELANJA (Studi Kasus Minimarket Dan Toko Kelontong Di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya)

  • Kholifatun Nisa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Perilaku Konsumen, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen & Proses Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perilaku masyarakat (konsumen) dalam memilih tempat belanja baik di minimarket ataupun toko kelontong di wilayah kalirungkut, kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara. metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental random sampling, yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak, populasi yang dapat ditemui dengan mudah yang dengan senang hati memberikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya pasar modern (Minimarket) Para pedagang toko kelontong secara umum beranggapan bahwa pasar modern dapat memberikan dampak negatif yang secara otomatis dapat menurunkan pendapatan mereka, mengurangi jumlah pelanggan di toko kelontong. Namun, dalam kenyataanya minimarket sama sekali tidak mempengaruhi pendapatan toko kelontong karena masyarakat tetap tertarik belanja di toko kelontong karena lebih dekat dengan rumah, dan harganya lebih murah daripada minimarket.

References

[1] Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal bisnis administrasi, Vol 06, No 1, 37-43.
[2] Hariadi, G. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di minimarket (Studi pasa Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 16-23.
[3] Kanuk, S. (2008) Perilaku konsumen Edisi ketujuh. Jakarta: PT.INDEKS
[4] Keller, P.K (2008). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[5] Munandar. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli kopi Espresso. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, Vol 6, No1 .
[6] Ngadiran, http://www.bisnis-jatim.com, (Diakses pada tanggal 9 November 2020)
[7] Riska. (2017). Analisis motivasi belanja konsumen minimarket dan warung kelontong dalam prespektif islam (Studi di Kelurahan Bulurokeng Kota Makassar). Skripsi : Universitas islam negeri Alauddin Makassar.
[8] Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen, Cet.1. Jakarta.
[9] Wibowo Sukarno, & dedi supriadi. (2013). Ekonomi Mikro Islam, Cet.1. Bandung: Pustaka Setia.
[10] Zuhriya, A. (2019). Analisis Motivasi Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Toko Basmalah Surabaya). Skripsi : Universitas islam negeri sunan ampel surabaya
Published
2020-11-25
How to Cite
Nisa, K. (2020). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT BELANJA (Studi Kasus Minimarket Dan Toko Kelontong Di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1281-1288. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.251
Section
Articles