PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI INDONESIA

  • Ainur Rohmah UIN Sunan Ampel
Keywords: Covid-19, Pandemi covid-19, perilaku konsumen

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan banyak dampak pada semua aspek kehidupan, salah satunya pada aspek ekonomi. Dengan adanya kebijakan yang diambil oleh pemerintah memaksa masyarakat untuk melakukan adaptasi terhadap kebiasaan yang baru tak terkecuali terhadap perilaku konsumen di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 terhadap perilaku konsumen. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan atau literatur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik sistematik literature review yang mana penelitian menginterpretasikan studi-studi yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan yang dapat menjadi upaya preventif untuk bencana seperti pandemi covid-19 dan konsumen di Indonesia pada awal pandemi melakukan tindakan panic buying dan mengalami perubahan pada cara berbelanjanya.

References

Analytics, M. (2020). Impact of COVID-19 on Consumer Behaviour. 18–20.
Annisa. (2020). Yuk, cek skor literasi keuangan indonesia di 2020. www.gobear.com
Bianco, C. A., & Bosco, S. M. (2012). Financial Literacy of College Student. Journal American Academy of Business, 75–82.
Cullen, K. (2020). 3 ways the coronavirus is impacting consumers shopping behaviour. www.nrf.com
Dahiya, Kapil & Potia, A. (2020). Generous : COVID-19 ’ s Impact on Indonesian Consumer Sentiment. McKinsey and Company, April.
Fatoni, S. N., Susilawati, C., Yulianti, L., & Iskandar. (2020). Dampak covid-19 terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan e-wallet di Indonesia. 1–10. wwwdigilib.uinsgd.ac.id
Firmansyah, F. (2020). Ada pandemi Covid-19, belanja di pasar tradisional surabaya kini bisa lewat go shop. www.surabayatribunnews.com
Hermawan, T. (2020). Jelang lebaran, mal di Surabaya mulai ramai pengunjung. www.surya.co.id
Mason, C. R., & Wilson, R. M. (2000). Conceptualising Financial itearcy. Journal of Consumer Affair, 39.
McKinsey&Company. (2020). Consumer Sentiment and BehaviourContinue to Reflect the Uncentainty of The Covid-19 Crisis. www.Mckinsey.com
Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (covid-19) terhadap industri food & beverages. Jurnal Manajemen Bisnis, 33(2), 1–6.
Shadiqi, M. A., Hariati, R., Fadhli, K., Hasan, A., Noor, I., & Istiqomah, W. Al. (2020). Early View Panic buying pada pandemi COVID-19 : Telaah literatur dari perspektif psikologi. 18(xx). https://doi.org/10.7454/jps.2020.xx
Sheth, J. (2020). Impact of Covid-19 on consumer behavior : Will the old habits return or die ? Journal of Business Research, 117, 280–283. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059
Sjam, A. A. (2015). FINANCIAL LITERACY OF COLLEGE STUDENTS : Jurnal Manajemen, 15(1), 1–12.
Sumarni, N., Faddila, S. P., & Fauji, R. (2020). PERILAKU BELANJA ONLINE PADA IBU RUMAH TANGGA DISAAT PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 19, 1–22.
Suroyo, G., & Diela, T. (2020). Indonesia Suffer First Recession in Over 20 Years, Finmin Says “Worst is Over.” www.Rueters.com
Thejakartapost. (2020). Indonesia’s Covid-19 Mortality Rate Still Top Global Average: task force. www.thejakartapost.com
Wahyuni, & Christy, N. (2020). Indonesia currently has highest covid-19 mortality rate in Asia. www.jakartaglobe.id
WHO. (2020a). Corona Virus. Www.WHO.Int/Health-Topics.
WHO. (2020b). WHO timeline covid-19. Www.WHO.Int.
Widyastuti, P. (2020). Analisis keputusan pembelian: fenomena panic buying dan service convience (studi pada grocery store di DKI Jakarta). 978–979.
Worldometers. (2020). Indonesia Corona Virus. Www.Worldometers.Info.
Published
2020-11-25
How to Cite
Rohmah, A. (2020). PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373-1378. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.247
Section
Articles