PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA PERDANA MANDIRI

  • Tommy Saputra Universitas Ibnu Sina Batam
Keywords: Kepemimpinan Traksaksional, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara kepemimpinan transaksional dan kinerja karyawan. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah karyawan Koperasi Simpan Pinjam Karya Perdana Mandiri. Sebanyak 50 karyawan dilibatkan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Analisis Regresi Linier Sederhana digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. 66,4% dari dampak kinerja karyawan terhadap Koperasi Simpan Pinjam Karya Perdana Mandiri karena kepemimpinan transaksional. 33,6% dari dampak kinerja karyawan terhadap Koperasi Simpan Pinjam Karya Perdana Mandiri dikarenakan adanya variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.

Author Biography

Tommy Saputra, Universitas Ibnu Sina Batam

Program Studi Teknik Industri

References

[1] Armansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Transaksional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Manjerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 2(1), 90–94.
[2] Edison, Emron. Yohny Anwar, I. K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
[3] Italiani, F. A. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Terhadap Kinerja Pegawai Departemen SDM PT. SEMEN GRESIK (Persero) Tbk. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(1).
[4] Mangkunegara, A. A. A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
[5] Odumeru, J. A., & Ifeanyi, G. O. (2013). “Transformational vs. Transactional leadership theories: Evidence in literature.” International Review of Management and Business Research, 2(2).
[6] Robbins P, Stephen and Judge A, T. (2017). Perilaku Organisasi Buku 2. Salemba Empat.
[7] Robbins, P. S. (2010). Manajemen (Issue Edisi Kesepuluh). Erlangga.
[8] Syafnur, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan CV. Puma Jaya Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 139–142.
Published
2023-01-31
How to Cite
Saputra, T. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA PERDANA MANDIRI. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7709-7712. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2468
Section
Articles