PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DI SMA NEGERI 1 PABERIWAI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Paberiwai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 22 orang. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Ranah hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data ranah kognitif menggunakan tes, sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Paberiwai. Peningkatan ranah kognitif siswa yang tuntas, pada tahap prasiklus mencapai 41%, siklus I mencapai 68% dan siklus II menjadi 91%. Sedangkan pada ranah psikomotor pada siklus I mencapai 63% dan siklus II mencapai 77%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Paberiwai pada materi sistem pencernaan pada manusia.
References
[2] A. P. Asmara, 2015, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid, J. Ilm. Didakt., vol. 15, no. 2, pp. 156–178, doi: 10.22373/jid.v15i2.578.
[3] E. W. S. Putri, 2013, Penerapan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Di Sekolah Dasar, J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 1–11.
[4] M. Nurfitriyanti, 2016, Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 2, pp. 149–160.
[5] Iswanto and P. Roniwijaya, 2017, Pembelajaran Model Mind Map Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kelistrikan Dan Instrumen Siswa Kelas Xi Teknik Sepeda Motor Smk Diponegoro Depok Sleman, J. Taman Vokasi, vol. 5, no. 1, pp. 92–105, 2017, doi: 10.30738/jtvok.v5i1.1541.
[6] B. D. Jones, C. Ruff, V. Tech, J. D. Snyder, B. Petrich, and C. Koonce, 2012, The Effects of Mind Mapping Activities on Students ’ Motivation The Effects of Mind Mapping Activities on Students Motivation, vol. 6, no. 1.
[7] N. Syam and R. Ramlah, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 54 Kota Parepare, Publ. Pendidik., vol. 5, no. 3, doi: 10.26858/publikan.v5i3.1612.
[8] T. Retnowati, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas Xi Ipa C Sma Negeri 5 Bogor, Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 1–19, doi: 10.32832/educate.v3i1.992.
[9] D. D. Kondang, V. O. Bano, and Y. Ndjoeroemana, 2022, Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Nggoa, J. KRIDATAMA SAINS DAN Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 104–115.
[10] Subandriyo and R. Faishol, 2005, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Al Hikmah, J. Pendidik. Islam dan Kaji. Keislam., vol. 2, no. 1, pp. 19–32.
[11] I. P. A. Sudana and I. G. A. Wesnawa, 2018, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, doi: 10.33578/jpfkip.v7i1.5359.
[12] G. Tarapanjang, V. O. Bano, and A. T. Ina, 2022, Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti, Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 14, no. 2, pp. 175–182, doi: 10.25134/quagga.v14i2.5747.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.