PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Di SMP KRISTEN PAYETI

  • Petronela Aselinda Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Njoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Model pembelajaran; Learning Cycle; 5e; Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas di SMP Kristen Payeti. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B berjumlah 30 orang. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar tes, rubrik penilaian ketrampilan kinerja. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil belajar peserta didik prasiklus menunjukkan skor rata-rata 60,6. Peserta didik yang tuntas berjumlah 5 orang dengan persentase 17,2% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 25 orang dengan persentase 82,7%. Hasil siklus I menunjukkan hasil rata-rata 69,5. Peserta didik yang tuntas berjumlah 16 orang dengan persentase 55,1% sedangkan tidak tuntas berjumlah 13 orang dengan persentase 44,8%. Sedangkan hasil peserta didik pada siklus II menunjukkan skor rata-rata 79,6. Peserta didik yang tuntas berjumlah 26 orang dengan persentase 86,2% sedangkan tidak tuntas berjumlah 4 orang dengan persentase 13,7%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII B di SMP Kristen Payeti.

Author Biographies

Petronela Aselinda, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Vidriana Oktoviana Bano, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

Yohana Njoeroemana, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP

References

[1] M. Ismail, L. A. R. Laliyo, and L. Alio, 2013, Meningkatkan hasil belajar ikatan kimia dengan menerapkan strategi pembelajaran peta konsep pada siswa kelas X di SMA Negeri I Telaga, J. Entropi, vol. 8, no. 01.
[2] S. Budyartati, 2014, Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar, Deepublish.
[3] K. Dian, M. Dewi, N. Suardana, and K. Selamet, 2020, Pengaruh Peta KOnsep Dalam Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP, Pembelajaran Sains Indones., vol. 3, no. 1, pp. 1–11.
[4] S. Rahayu, P. Prayitno, and F. Fajaroh, 2010, Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia Dasar Mahasiswa Pendidikan Kimia UM dengan Strategi Learning Cycle-Cooperative-5E (LCC-5E), J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 15, no. 2.
[5] A. Y. Senudin, Raihana, and B. Carl, 2016, Penggunaan Lks Danmedia Permainan Edukatif Ular Tangga Untukmeningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darahmanusia Kelas Viii Smp Bopkri I Wates.
[6] P. M. L. C. Apriyani, 2010, 5e dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 2 Sandeng Kelas VIII pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas.
[7] R. W. Bybee et al., 2006, The BSCS 5E instructional model: Origins and effectiveness, Color. Springs, Co BSCS, vol. 5, pp. 88–98.
[8] I. Zulchaidar, 2017, Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP, vol. 34, pp. 137–144.
[9] E. Akar, 2005, Effectiveness of 5e learning cycle model on students’ understanding of acid-base concepts, Middle East Technical University.
[10] S. Açışlı, S. A. Yalçın, and Ü. Turgut, 2011, Effects of the 5E learning model on students’ academic achievements in movement and force issues, Procedia-Social Behav. Sci., vol. 15, pp. 2459–2462.
[11] A. Tuna and A. Kacar, 2013, The effect of 5E learning cycle model in teaching trigonometry on students’ academic achievement and the permanence of their knowledge, Int. J. New Trends Educ. Their Implic., vol. 4, no. 1, pp. 73–87.
[12] Y. Yulianti, 2015, Penerapan Model Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA, J. Cakrawala Pendas, vol. I, no. 1, p. 61.
[13] D. P. Rejeki, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peserta Didik pada SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Visipena, vol. 7, no. 2, pp. 15–23.
[14] N. L. Superni, N. Dantes, and I. M. Gunamantha, 2018, Pengaruh Model Siklus Belajar 5e ( Engagement , Exploration , Explanation , Elaboration , Evaluation ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA, vol. 2, no. 2, pp. 115–122.
[15] E. Dwiyanti, 2020, Keefektifan Model Pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Gugus Kartini Kabupaten Banjarnegara, Universitas Negeri Semarang.
[16] A. Aditia, I. G. Margunayasa, and N. N. Kusmariyatni, 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5e Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA, vol. 2, no. 3, pp. 248–256.
[17] A. Shoimin, 2021, 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
[18] F. Latuputty, I. Arini, M. P. Biologi, S. Pengajar, and P. Biologi, 2017, Model Pembelajaran Learning Cycle ( Lc-5e ) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 10 Ambon, vol. 3, pp. 148–153.
[19] D. Nugraheni, S. Suyanto, and T. Harjana, 2017, Pengaruh Siklus Belajar 5e Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Saraf Manusia, J. Edukasi Biol., vol. 6, no. 4, pp. 178–188.
Published
2023-01-31
How to Cite
Aselinda, P., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Di SMP KRISTEN PAYETI. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7673-7682. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2464
Section
Articles