MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 1 SALATIGA

  • Sisca Nua Riyanti Fakultas Teknologi Informasi, UKSW
  • Angela Atik Setiyanti Fakultas Teknologi Informasi, UKSW
  • Yuliana T.B. Tacoh Fakultas Teknologi Informasi, UKSW
Keywords: Manajemen Pendidikan, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunagrahita

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan sebuah tatanan yang digunakan untuk mengatur dan mengelola SDM dalam pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Di SMP Negeri 1 Salatiga terdapat dua orang siswa berkebutuhan khusus (ABK), sehingga dalam menyusun manajemen pendidikan harus direncanakan sesuai dengan kemampuan dan karakteristiknya. Maka penelitian ini akan membahas bagaimana manajemen yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi terhadap pembelajaran ABK di SMP Negeri 1 Salatiga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Tujuan metode ini untuk mendapatkan gambaran dan informasi yang lebih jelas dan lengkap tentang manajemen pendidikan pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran siswa ABK secara sistematis disamakan dengan siswa normal atau siswa yang tidak memiliki hambatan dalam pembelajaran. Namun dalam pelaksanaanya terdapat tindakan khusus yang dilakukan guru untuk membantu mempermudahkan siswa ABK memahami pembelajaran serta proses evaluasi pembelajaran yang berbeda dari segi kualitas maupun kuantitas. Pengoranisasian pada manajemen pendidikan ABK diserahkan sepenuhnya kepada shadow teacher selama satu tahun pembelajaran, selanjutnya dialihkan kepada guru BK. Memasuki tahun ajaran ke-3 pemantauan menjadi tugas guru kelas dan wali kelas. Sehingga evaluasi manajemen pendidikan disimpulkan bahwa manajemen pendidikan di SMP Negeri 1 Salatiga belum cukup baik.

Author Biographies

Sisca Nua Riyanti, Fakultas Teknologi Informasi, UKSW

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Angela Atik Setiyanti, Fakultas Teknologi Informasi, UKSW

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Yuliana T.B. Tacoh, Fakultas Teknologi Informasi, UKSW

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

References

[1] D. M. Ummah, “Analisis Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate,” J. Bimbing. dan Konseling Terap., vol. 2, no. 1, pp. 32–40, 2018, doi: 10.30598/jbkt.v2i1.233.
[2] A. Zein, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu Di SLB ABC Taman Pendidikan Islam Medan,” Skripsi, pp. 1–169, 2018.
[3] S. F. M. SARI, B. BINAHAYATI, and B. M. TAFTAZANI, “Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta),” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 217–222, 2017, doi: 10.24198/jppm.v4i2.14273.
[4] S. A. Sholawati, “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn Kalirungkut-1 Surabaya,” Abdau J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 1, pp. 39–60, 2019, doi: 10.36768/abdau.v2i1.24.
[5] M. Kristiawan and U. Bengkulu, “Manajemen Pendidikan,” no. April, 2017.
[6] Rini, Y.S (2003). Pendidikan : Hakekat tujuan dan proses pendidikan. jurnal pendidikan dan seni Universitas Negeri Jogyakarta, 11.
[7] T. Suhartono, “Manajemen Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Sekolah K-Link Care Center Jakarta),” Tawazun J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, p. 227, 2019, doi: 10.32832/tawazun.v11i2.1673.
[8] A. Supena, “Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar,” Param. J. Pendidik. Univ. Negeri Jakarta, vol. 29, no. 2, pp. 145–155, 2017, doi: 10.21009/parameter.292.03.
[9] D. Erica, H. Haryanto, M. Rahmawati, and I. . Vidada, “Peran orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dalam pandangan islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(2), 58-66.,” Univers. Pendidik., no. april 2017, pp. 8–22, 2019.
[10] Amka, “Manajemen Pendidikan Khusus,” Nizamia Learn. Cent., p. 186, 2020.
[11] B. A. B. Ii and A. D. Teori, “No Title,” pp. 7–30, 2008.
[12] R. Radenintan, “Bab II Manajemen Pendidikan dan fungsinya,” Kaji. Teor., pp. 16–51, 2009, [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/1676/5/Bab_II.pdf.
[13] Fungsi.co.id, “Penerapan Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Sekolah,” 29 November, 2022. https://fungsi.co.id/penerapan-fungsi-manajemen-dalam-kegiatan-sekolah/.
[14] S. M. K. N. Jakarta, “Dikson Silitonga : ‘ Evaluasi Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah pada ...’ 333,” vol. 23, no. 3, pp. 332–349, 2020.
[15] R. Nurfitriani and M. A. Hidayat, “Strategi Pengelolaan Siswa ABK Jenis Tunagrahita di Kelas Inklusi,” At-Thullab J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 2, p. 78, 2020, doi: 10.30736/atl.v4i2.193.
Published
2023-01-31
How to Cite
Riyanti, S. N., Setiyanti, A. A., & Tacoh, Y. T. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 1 SALATIGA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7653-7662. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2462
Section
Articles