PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMPK INEMETE NANGAPANDA

  • Aloisius Harso Universitas Flores
  • Agustina Yunita Seku Universitas Flores
Keywords: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda Kabupaten Ende tahun pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda tahun pelajaran 2020/2021 dan sampel penelitian berjumlah 45 siswa yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dari sampel berupa angket lingkungan belajar dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan kerelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkugan belajar dengan hasil belajar IPA Fisika. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji korelasi product moment yaitu 0,002 < 0,05 atau nilai probability < nilai signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antar variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA.

Author Biographies

Aloisius Harso, Universitas Flores

Program studi Pendidikan fisika FKIP

Agustina Yunita Seku, Universitas Flores

Program studi Pendidikan fisika FKIP

References

[1] Saputro, G. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewamtara Geyer Purwodadi. In Joyful Learning Journal (Vol. 7, Issue 1).
[2] Susanti. (2019). Newman procedure dalam menganalisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal setara pisa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283
[3] Rahmawati. (2013). Hubungan Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.
[4] Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
[5] Ginting, M. N. K., & Azis, A. (2014). Hubungan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan motivasi menyelesaikan studi. 6(2).
[6] Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19.
[7] Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru. Bandung
[8] Winkel. W.S, 1986. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.
[9] Ibrahim, A., A. H. Alang., Bahharudin., M. A. Ahmad., Darmawati. 2018. Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.
[10] Sando, A., Haryano, E., Siswar, D. (2013). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Geografi. 1.
[11] Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254
[12] Khoirunisa, A. (2011). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Siswa Kelas V SD Se-Dabin III. Universitas Negeri Semarang.
Published
2023-01-31
How to Cite
Harso, A., & Seku, A. Y. (2023). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMPK INEMETE NANGAPANDA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7589-7594. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2452
Section
Articles