ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI MELALUI PROGRAM PETANI MANDIRI (PPM)

  • Lailly Mufidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kebijakan Pemerintah, Kesejahteraan Petani, Program Petani Mandiri (PPM)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani, dan untuk mengetahui dampak adanya Program Petani Mandiri (PPM) terhahap kesejahteraan petani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pengamatan (observation), wawancara (interview), dan studi pustaka (documentation). Hasil dari penelitian ini adalah implementasi kebijakan pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani berupa Program Petani Mandiri (PPM), Program ini merupakan program prioritas yang berisikan bantuan modal, akses pelatihan serta usaha pengembangan usaha tani, jaminan pembelian hasil pertanian serta asuransi gagal panen. Program Petani Mandiri (PPM) bukan hanya memberi dampak positif terhadap petani. Akan tetapi, keluarga atau anak petani juga mendapatkan bantuan berupa beasiswa.

References

BPS Bojonegoro, 2020
Bahan Ajar Bagi Mahasiswa Semester VII Prodi Ilmu Pemerintahan. (2012-2013).
Moeloeng, JL. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Regina Arisandi. (2016). Tingakat Kesejahteraan Petani Rotan di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan. Jurnal Pendidikan Georafi, 3, 60.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Suryani, E. (2018). Pengaruh Sub Sektor Tanaman Holtikultura Terhadap peningkatan PDRB Sektor Pertanian dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kabupaten Tanggamus) Skripsi UIN RAden Intan Lampung. Lampung.
Tati Budiarti. (2013, Desember). Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat Pada Usaha Tani Terpadu Guna meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem Pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 18, 200.
Published
2020-11-25
How to Cite
Mufidah, L. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI MELALUI PROGRAM PETANI MANDIRI (PPM). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1443-1448. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.245
Section
Articles