PERSEPSI MASYARAKAT KOTA TIDORE KEPULAUAN TERHADAP SISTEM BERBELANJA SECARA ONLINE/ONLINE SHOP

  • Ilfan Baharuddin Universitas Nuku
Keywords: Persepsi Dan Online Shop

Abstract

Kemajuan teknologi memudahkan seseorang untuk mengakses informasi tentang barang dan jasa dengan cepat, serta membandingkan harga satu sama lain, meskipun lokasinya sangat jauh. Keunggulan pasar tradisional adalah terjadinya penawaran harga secara langsung, keunggulan pasar moderen ini adalah diskon yang gila-gilaan, dan keunggulan toko online adalah kemudahan memperoleh informasi produk yang luas dan perbandingan harga dengan penjual/penyedia lain melalui internet tanpa harus bertemu. pembeli memiliki pengalaman membeli menggunakan layanan penjual/penyedia online, yang memengaruhi persepsi mereka terkait berbelanja secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Tidore Kepulauan tentang sistem belanja online/bisnis online. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan analisis deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan observasi, wawancara, dan skor. Kuesioner yang diambil dari literatur digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Data dikumpulkan melalui sample random sampling.

References

[1] Agustin, Arina Setyawati. 2012. Persepsi Masyarakat Surabaya Terhadap Online Shop Pada Media Sosial Facebook. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
[2] Fitri, Marlizah Ade dan Diah Khairiyah. 2015. Persepsi Konsumen Terhadap Penjualan Melalui Media Internet (Online Shopping) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
[3] Haekal, A. dan Widjajanta, B. 2015. Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Oline pada Pengunjung Website Classifieds d IIndonesia, Journal of Business Management and Enterpreneurship Education|Volume 1, Number 1, hal.181-193.
[4] Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2008. Dasar-dasar pemasaran (jilid 2). Jakarta: Prenhallindo
[5] Naomi, A. 2008, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Online Shopping, Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.
[6] Pride, William. M. Hughes, Robert J, Kapoor Jack.R., Pengantar Busnis (Introduction to business)., Edisi 11, Jakarta, 2014
[7] Taswiyah dan Ali Imron. 2021. Persepsi Dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/Online Shop. Jurnal Abdimas BSI.
[8] Utama, D., C. dan Sugiri, A. 2014. Persepsi dan Preferensi Mahasiswa Undip Tembalang untuk Bersepeda Ke Kampus, Jurnal Teknik PWK Volume 3 Nomor 4 2014, Undip Semarang.
[9] Widiyanto, I. dan Prasilowati, S., L. (2015), Perilaku pembelian melalui internet,(Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan). Volume 17, Nomor 2 pp. 109-122.
[10] Winarko, Hilarius.B. 2011. Peran Hubungan Interaktif Terhadap Pertumbuhan Industri E-Commerce dan Evolusi Industri Jejaring Social Media. Jakarta: Sekolah Tinggi Manajemen PPM Jakarta. JMBR (Journal of Management and Business Review) ISSN: 1829 – 817
Published
2023-01-31
How to Cite
Baharuddin, I. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT KOTA TIDORE KEPULAUAN TERHADAP SISTEM BERBELANJA SECARA ONLINE/ONLINE SHOP. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7559-7564. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2448
Section
Articles