TINGKAT LITERASI PERBANKAN SYARIAH DI KALANGAN MAHASISWA

  • Karmayani Karmayani IAIN Takengon
  • Rahma Nurzianti IAIN Takengon
  • Husni Pasarela IAIN Takengon
Keywords: Tingkat Literasi, Perbankan Syariah, Mahasiswa

Abstract

Literasi perbankan syariah adalah pengetahuan, kepercayaan/keyakinan, sikap dalam membuat keputusan-keputusan dengan berbagai aktivitas perbankan seseorang yang dalam hal ini spesifik perbankan syariah. Literasi bagi mahasiswa sangat penting. Membaca merupakan kewajiban bagi mahasiswa bagi setiap mahasiwa, karena membaca akan menambah wawasan mahasiswa, memperbaiki keyakinan mahasiswa, membuat mahasiswa peka terhadap fenomena yang terjadi disekitarnya. Mahasiswa perbankan syariah sudah mempelajari konsep-konsep dasar bank syariah dan mahasiswa juga pasti sudah sering membaca tentang dasar-dasar bank syariah inilah salah satu alasan memilih objek penelitian yaitu mahasiswa prodi perbankan syariah agar dapat mengetahui tingkat literasi mahasiswa.BTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi Perbankan Syariah Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Takengon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif deskriptif. Dengan populasi dalam penelitian ini mahasiswa IAIN Takengon  dari angkatan 2017-2020. Jumlah sampel dalam penelitian ini 63 responden dengan menggunakan tekniktratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi perbankan syariah pada mahasiswa prodi perbankan syariah masih perlu ditingkatkan lagi ke depannya dan masih kurangnya minat untuk membaca secara khusus tentang materi-materi tentang perbankan syariah. Tingkat literasi perbankan syariah mahasiswa prodi perbankan syariah IAIN Takengon tergolong kedalam kategori tingkat sedang (60% - 79%) dengan nilai mean (rata-rata) yaitu 72.76 %.

Author Biographies

Karmayani Karmayani, IAIN Takengon

Prodi Perbankan Syariah

Rahma Nurzianti, IAIN Takengon

Prodi Perbankan Syariah

Husni Pasarela, IAIN Takengon

Prodi Pariwisata Syariah

References

[1] Cecep, Setiawan, dan S.Soetiono, Kusumaningtuti, 2018, Literasi dan Iklusi Keuangan Indonesia, Rajawali Press, Depok.
[2] Chen dan Volpe, 1998, An Analisis Of Personal Finansial Literacy Among College Student Financial Services Review, Journal of Economic and Islamic Law Vol. 3, No.2.
[3] Fahmi, Irham. 2014, Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi, Alfabeta, Bandung.
[4] Ismail. 2011, Perbankan Syariah, Pernadamedia Group, Jakarta.
[5] Ismail 2017, Perbankan Syariah, Kencana, Jakarta.
[6] Karim, Adiwarman. 2017, Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan, Rajawali Press, Depok
[8] OJK. 2019, Buku 8 Industri Jasa Keuangan Syariah Seri Literasi Keuangan Perguruan Tinggi, Tirta Segara, Jakarta.
[9] Sholahuddin, M, 2006, Lembaga Ekonomi dan Keuangan Islam, Muhammadiyah Universiy Press, Surakarta.
[10] Syukron, Ali. 2013, Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia.Journal of Economic and Islamic Law. Vol. 3 No. 2.
[11] Vicary, Abdullah Daud, 2012, Buku Pintar Keuangan Syariah, Zaman, Jakarta.
[12] Wibowo, Edy, Dkk. 2005, Mengapa Memilih Bank Syariah Cet. 1. Ghalia Indonesia, Bogor.
Published
2023-01-31
How to Cite
Karmayani, K., Nurzianti, R., & Pasarela, H. (2023). TINGKAT LITERASI PERBANKAN SYARIAH DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7539-7550. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2446
Section
Articles