MODEL PERENCANAAN METAVERSE AR DI TAMAN LITERASI DALAM MENGAKSES BUKU ONLINE

  • Rizki Nurul Nugraha Universitas Nasional Jakarta
  • Selvy Remilenita Universitas Nasional Jakarta
  • Nurul Hidayah Universitas Nasional Jakarta
Keywords: Metaverse, AR, VR, QR Code

Abstract

Teknologi yang masuk saat ini sudah beralih ke dunia virtual, salah satunya ini adalah metaverse yang dimana menyediakan aktifitas-aktifitas yang serupa dengan kegiatan yang kita lakukan di dunia nyata. Jadi, Wisatawan dapat melihat dan menjelajah secara 3D destinasi secara virtual sebelum memutuskan akan pergi ke destinasi wisata tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data berupa kajian pustaka dan observasi kepada media online yang dimiliki oleh Taman Literasi Blok M. Sumber-sumber artikel, jurnal ilmiah, dan berita terbaru menjadi bahan observasi dan analisis konsep Metaverse berbasis teknologi AR dan VR sebagai media edukasi interaktif terbaru. Agar warga yang ingin membaca dipermudah aksesnya. Taman literasi Martha Christina Tiahahu saat ini sudah meluncurkan buku yang bisa diakses secara digital dengan jenis teknologi AR model QR (Code) yang jarang dimiliki perpustakaan atau ruang baca lainnya di DKI Jakarta, dan ini termasuk salah satu model penerapan metaverse. Penggunaan teknologi Metaverse ini akan memberikan peluang dalam bidang pendidikan ataupun media di Taman Literasi Blok M. Prinsip desain yang perlu diterapkan dalam pembuatan media edukasi di era Metaverse berbasis teknologi AR dan VR, diantaranya layouting, tipografi, prinsip warna, serta persepsi bidang dan ruang.

Author Biographies

Rizki Nurul Nugraha, Universitas Nasional Jakarta

Jurusan Pariwisata

Selvy Remilenita, Universitas Nasional Jakarta

Jurusan Pariwisata

Nurul Hidayah, Universitas Nasional Jakarta

Jurusan Pariwisata

References

[1] Brandon Leahy; Chloe Delehanty, 2022.Brands In the Metaverse: Opportunities, Risks and Strategies. The Intellectual Strategist Journal Vol. 28 No. 6
[2] Demolingo, R. H. (2015). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(2).
[3] Díaz, J. E. M., Saldaña, C. A. D., & Avila, C. A. R.2020.15(15), 94– 109. Https://Doi.Org/10.3991/Ijet. V15i15.13025
[4] Hemmati, M. 2022. The Metaverse: An Urban Revolution. Researchgate.Net, January. Https://Doi.Org/10. 22034/Toc.2022.323276.1067
[5] Huansheng Ning;Fadi Farha;Sahraoui Dhelim, 2021. A Survey on Metaverse: the State-of-the-art,Technologies, Applications, and Challenges. Journal Arxiv Cornell University 2111.09673.
[6] Indarta Y, A. S. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan, . Journal Tematik
[7] Kusumaningrum, A. P., & Digdowiseiso, K. (2022). Existing Conditions of Tourism Destinations in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3), 18541-18546.
[8] Li, Y., &Xiong, D.2022. The Metaverse Phenomenon In The Teaching Of Digital Media Art Major.348–353.
[9] Lik-Hang Lee, Tristan Braud, Pengyuan Zhou, Lin Wang, Dianlei Xu, Zijun Lin, Abhishek Kumar, Carlos Bermejo, and Pan Hui, 2021. All One Needs to Know about Metaverse: AComplete Survey on Technological Singularity,Virtual Ecosystem, and Research Agenda,Journal of latex class files, vol. 14, no. 8, september 2021.
[10] Liliana, D. Y. (2019, April). Emotion recognition from facial expression using deep convolutional neural network. In Journal of physics: conference series (Vol. 1193, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.
[11] M. Liga Suryadana, R. N. (2018). EFFECT OF APPLICATION OF RICH MEDIA ADVERTISING ON. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, ISNN 2443-0633
[12] Mahasiswa Bicara Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Era Metaverse. (2022, September 6). Diambil kembali dari undana: https://undana.ac.id/mahasiswa-bicara-pariwisata- berbasis- kearifan-lokal-era-metaverse/
[13] Maranisya, U., & Sutanto, S. (2022). Efektivitas Metaverse Tourism Sebagai Sarana Promosi Wisata Alam Hiu Paus Di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2811-2820.
[14] Milad Ahmadi Marzaleh, M. P. (2022). A Revolution In Health: Opportunities And Challenges Of The Metaverse. Excli Journal .
[15] Milad Ahmadi Marzaleh, Mahmoudreza Peyravi dan Fatemah Shaygani (2022). A Revolution In Health: Opportunities And Challenges Of The Metaverse. Excli Journal 2022;ISSN 1611-2156.
[16] N. Stephenson, 1992. Snow Crash. Bantam Books.
[17] Nannan Xi; Juan Chen; Filipe Gama; Marc Riar; Juho Hamari, 2022. The challenges ofentering themetaverse: Anexperiment ontheefectofextended reality onworkload. Information Systems Frontiers, Springer Publisher
[18] Ning, H., Farha, F., & Dhelim, S. (2021). A Survey on Metaverse: the State-of-the- art,Technologies, Applications, and Challenges. Journal Arvix Cornell University .
[19] Nugraha, R. N., & Rosa, P. D. (2022). PENGELOLAAN MUSEUM BAHARI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA EDUKASI DI JAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6477-6486.
[20] Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren Pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317-328.
[21] Octaviani, W. (2022, Mei 16). Begini Pengimplentasian Metaverse di Industri Pariwisata Indonesia. Diambil kembali dari Sampaijauh.com: https://sampaijauh.com/metaverse- di- industri-pariwisata-14577
[22] Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, Volume 8, No 2, 169-177,
[23] Patria, T. H. (2021, November 25). "Metaverse": Ancaman atau Peluang bagi Umat Manusia? Retrieved from DetikNews: https://news.detik.com/kolom/d- 5826538/metaverse- ancaman-atau-peluang-bagi-umat-manusia
[24] Pradini, G. (2017). Pengaruh Tourism Destination Parts, Service Quality Terhadap Destination Loyalty Melalui Tourist Satisfaction Di Taman Margasatwa Ragunan. JURNAL EKSEKUTIF, 14(1).
[25] Sampoerna University. (2022). “Penelitian Deskriptif, Tujuan, Hingga Contohnya”
[26] Simon, A. (2020, Mei 15). How COVID-19 Is Leading Us to the Metaverse, Part One. Diambil kembali dari Medium.com: https://medium.com/ipg-media-lab/part-1-how- covid-19-is- pushing-us-closer-to-the-metaverse-c76a46e21cd2
[27] Stimler, N. (2022). DIGITAL-FIRST AND METAVERSE SOLUTIONS FOR MUSEUMS. San Diego: BALBOA PARK ONLINE COLLABORATIVE.
[28] Tjiptono, F. D. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi . Yogyakarta: Andi Offset.
[29] Vol. 2 No. 5, https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/index, 45
[30] Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (online) pada Mahasiswa PGSD di Saat
[31] Widyati, Ni Nyoman Wira. (2021). “Korea Selatan Luncurkan Kampanye Wisata dengan Teknologi Metaverse”
[32] Yose Indarta;Ambiyar;Agaridne Dwinggo Samala;Ronal Watrianthos, 2022. Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 3 tahun 2022.
Published
2023-01-31
How to Cite
Nugraha, R. N., Remilenita, S., & Hidayah, N. (2023). MODEL PERENCANAAN METAVERSE AR DI TAMAN LITERASI DALAM MENGAKSES BUKU ONLINE. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7531-7538. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2445
Section
Articles