MEDIA DONGENG BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Martinus Bana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Endang Nuryasana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Pendidikan, Media Dongeng, Audio Visual, Karakter, Disiplin

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam kelangsungan hidup suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui peran dan efektifitas media dongeng berbasis audio visual dalam peningkatan karakter disiplin siswa kelas IV sekolah dasar.metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan tes , sehingga hasil penelitian ini adalah media dongeng berbasis audio visual dalam peningkatan karakter disiplin siswa kelas IV sekolah dasar bahwa terdapat peran yang signitifkan, penggunaan media dongeng berbasis audio visual ini sangat efektif dalam peningkatan karakter disiplin siswa kelas IV sekolah dasar.

Author Biographies

Martinus Bana, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Reza Syehma Bahtiar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Endang Nuryasana, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

[1] Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.
[2] Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).
[3] Anderson, I., & Sari, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 251–274.
[4] Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233.
[5] Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41.
[6] Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–8.
[7] Dharma Kesuma, Cepi Triatna, J. P. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.
[8] Dirgahayu, Marlika, & Putri, H. D. (2020). Rameng: Hologram Dongeng 3S sebagai Media Pembelajaran Penanaman Nilai-nilai Budaya pada Siswa Kelas IV SD dalam Mewujudkan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 7(1), 72–82.
[9] Hafiz, A., & Batubara, H. H. (2016). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 27–35.
[10] Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191.
[11] Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi Dora ( Dongeng Nusantara) Pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 316–325.
[12] Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.
[13] Indriasari, D. (2018). Upaya Pembangunan Karakter Generasi Muda. In Http://Bbksdantt.Menlhk.Go.Id/.
[14] Juanda, J. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11–18.
[15] Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
[16] Maulida, U. (n.d.). Pembelajaran Karakter Siswa Melalui Dongeng Pada Pembelajaran Integratif. 103–110.
[17] Mulyasa, 2014: 15). (2015). Manajemen Pendidikan Karakter. In Jurnal Pendidikan Karakter (Vol. 4, Issue 3).
[18] Munirah, Bahri, A., & Fatmawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas III SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 731–740.
[19] Munte, B. (2015). Pengaruh Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. In Jurnal Cakrawala (pp. 131–273).
[20] Muslih, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 6 Sdn Limbangan. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya., 1(4), 41–50.
[21] Muslimin, E., Farhan, F., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Nilai-Nilai  Karakter sebagai Pembentuk  Peradaban Manusia di Era Globalisasi. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 3(1), 110–120.
[22] Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78.
[23] Nuriyatun, P. D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sd Negeri 1 Bantul. Basic Education, 5(33), 3–174.
[24] Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
[25] Nuryanto, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dengan Dongeng Pada Anak Usia Dini. Journal for Research Mathematics Education, 28(1), 331–354.
[26] Polina, L., & Pramudiani, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 215.
[27] Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93.
[28] Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37.
[29] Rahayu, E. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Model Paired Storytelling dengan Media Wayang Kartun pada Siswa Kelas II SD Ngebel Tamantirto Kasihan …. Universitas PGRI Yogyakarta.
[30] Ratna Abdul Pakdin Balikh. (2018). Pendidikan Karakter pada Proses Pembelajaran Matematika. 3(1), 17–25.
[31] Rimsasi, D. S. T. Y. (n.d.). Media juga berperan penting sebagai alat atau sarana teknis yang digunakan manusia untuk meningkatkan perbaikan/penyempurnaan lingkungannya. 172071000011.
[32] Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajar IPA di Kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.
[33] Sandiningtyas, H., & Wiyono, B. B. (2018). “ Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Suku Boti: Studi Kasus di SDN-SMPN Satu Atap Oefau Desa Boti Nusa Tenggara Timur.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 77–82.
[34] Sari, R. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa di Sekolah Dasar. 2(2), 35–40.
[35] Selukh, N. (n.d.). 14kompasiana.
[36] Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17.
[37] Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202.
[38] Sufitri, S., & Setyowati, R. (2019). Pemanfaatan Dongeng Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sebagai Media Untuk Membangun Karakter Siswa. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 77.
[39] Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.
[40] Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945.
[41] Sutinah, S. (2018). Apakah Media Audio Visual dapat Meningkatkan Kemampuan Menyimak? Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 287.
[42] Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295.
Published
2023-01-31
How to Cite
Bana, M., Bahtiar, R. S., & Nuryasana, E. (2023). MEDIA DONGENG BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7515-7524. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2438
Section
Articles