IMPLEMENTASI MANAJEMEN KINERJA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA

(STUDI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA)

  • Satriyo Cahyo Utomo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Arief Darmawan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Supri Hartono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Manajemen Kinerja, Komponen Manajemen Kinerja, Faktor Penghambat

Abstract

Manajemen kinerja adalah suatu tindakan berurutan yang diawali dengan suatu perencanaan kinerja, peninjauan kinerja, penilaian kinerja dan evaluasi dalam mengelola sumber daya yang berorientasi pada kinerja dengan menciptakan visi misi dan pendekatan strategis sebagai kekuatan untuk mencapai tujuan oganisasi yang telah ditetapkan. Tujuan manajemen kinerja untuk menciptakan konteks dimana staff bisa bekerja secara produktif dan efektif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas output mereka. Komponen manajemen kinerja yang diterapkan Dinas Kependudukan dan catataan Sipil Kota Surabaya meliputi perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluai akuntabiiltas kinerja internal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan 2 (dua) fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana implementasi manajemen kinerja administrasi kependudukan sebagai strategi peningkatan mutu sumber daya manusia pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, 2) Apa saja faktor penghambat dalam implementasi manajemen kinerja administrasi kependudukan sebagai strategi peningkatan mutu sumber daya manusia pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di lokasi penelitian. Aktivitas dalam analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya bersumber komponen manajemen kinerja yang mengcakup perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan review akuntabiitas kinerja sudah terlaksan dengan baik. Hal ini dibuktikan dalam perolehan hasil evaluasi yang mencapai 93,66 yang artianya bahwa manajemen kinerja Disdukcapil Kota Surabaya termasuk kategori AA (memuaskan sekali) serta terdapat 2 faktor penghambat dalam penerapan manajemen yaitu belum menginterpretasikan beberapa elemen evaluasi kinerja, keuntungan menerapkan manajemen kinerja tidak dipahami oleh bawahan karena kurangnya sosialisasi tentang pentingnya praktik tersebut yang dimana penerapan manaejemen kinerja merupakan keberhasilan dari organisasi

Author Biographies

Satriyo Cahyo Utomo, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Arief Darmawan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Supri Hartono, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

References

[1] Armstrong, M. (2006). Performance Management : a strategic and integrated approach to achieve succes. Mumbai: Jaico Publishing House.
[2] Bacal, R. (1998). Perfomance Management. Boston: McGraw Hill.
[3] Baron, M.A. (2005). Manging Peromance : Perfomance Management in Action. UK: CIPD Publishing.
[4] Dahlan, Hasim D, Hamdan: 2017; Al Fatta. (2007) Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Vol. 4, No. 2, Juli – Desember 2017, Hal 69-75.
[5] Edy Sutrisno.2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga. Kencana Prenada Media Group, Jakarta
[6] Jamaluddin, J., Salam, R., Yunus, H., & Akib, H. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi terhadapKinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ad’ministrare, 4 (1), 25–34.
[7] Noer Siti W.P, Trang I, dan Uhing Y. (2017) Influence Of Hr Planning, Recruitment And Placement On Employee Performance At Pt.Pln (Persero) Suluttenggo Area. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal 697 – 705.
[8] Sedarmayamti.2011. Manjemen Sumber Daya Mnausia, Reformasi Birokrasi dan Manjemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Kelima) Bandung : PT Refika Aditama
[9] Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[11] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[12] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[13] Sundarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Rafika Aditama.
[14] Wibisono, D. (2006). Manajem Kinerja, Konsep, Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
[15] Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[16] Wibowo, W. (2011). Cara Cerdas Menulis. Penerbit Buku Kompas.
[17] Wirawan. (2009) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarrta: Salemba Empat.
[18] Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.
[19] ZED, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Published
2023-01-31
How to Cite
Utomo, S. C., Darmawan, A., & Hartono, S. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KINERJA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7455-7466. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2436
Section
Articles