Peningkatan Ekonomi di Tengah Pandemi dalam menunjang Pergerakan Pertumbuhan Ekonomi di Surabaya

  • Firda Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Keywords: Ekonomi Surabaya, Pertumbuhan Ekonomi, Pandemi

Abstract

Keberhasilan suatu negara dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan  ekonomi  adalah  suatu  indikator    kesejahteraan  dan  majunya  suatu  bangsa.  Naik turunnya  pertumbuhan  ekonomi menjadi  perhatian  kalangan  luas,  diantaranya pemerintah, pengamat  ekonomi,  pelaku  bisnis  maupun  masyarakat.  Kondisi  pertumbuhan  ekonomi  yang berfluktuasi  dipicu  oleh  banyak  faktor  mulai  dari  kegiatan  perdagangan,  tingkat  produksi, inflasi  dan  beberapa  faktor  lainnya. Pandemi Covid-19 telah mangatarkan dunia menuju krisis yang mengerikan. Penemuan dan pengembangan vaksin masih butuh waktu setidaknya sampai akhir 2020. Sehingga pemerintah harus mengulur waktu agar fasilitas kesehatan tidak semakin kewalahan menghadapi wabah ini. Hampir seluruh kehidupan manusia dimuka bumi ini merasa telah di porak-porandakan oleh virus ini, tidak terkecuali pada sektor ekonomi. 269,6 juta total populasi penduduk Indonesia talah merasakan daya rusak covid-19. Pertumbuhan Produk Dosmetik Bruto (PBDB) di kuartal III, yang di mulai per juli 2020, hanya mampu tumbuh 1,4% atau melemah sampai minus 1,6%. Pada sisi lain, ancaman krisis pangan Nasional juga sudah mulai menjadi perhatian ekstra dari pemerintah. pada masa pandemi saat ini kondisi perekonomian Surabaya masih terbilang positif meski tidak terlalu signifikan. Namun, pihaknya memastikan bakal terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di Kota Pahlawan.

References

Adi, Prio Hari. 2006. Hubungan antara pertumbuhan ekonomi daerah, belajar pembangunan dan pendapatan asli daerah. www.multiparadigma.lecturer.ub.ac.id. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. Padang, 23-26 Agustus.
Arifin. 2019. Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan ekonomi di provinsi Riau. Vol 7. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/turast/article/view/1300/1046
Boediono. 1985. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Fajrin, Verawati. 2019. Analisis pertumbuhan ekonomi di pulau madura. Vol 9. 1 april.
Febryani, Tafeta, Kusreni, sri. 2017. Determinan Pertumbuhan Ekonomi di 4 Negara ASEAN. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. Juni.
Jhingan, M.L. 2012. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. (Alih Bahasa: D. Guritno). Jakarta: Rajawali Pers
Ma’ruf, Ahmad, Wihastuti Latri. 2008. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Determinan dan Prospeknya. Vol. 9. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. April.
Pambudi, Eko Wicaksono, Miyastro. 2013. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Faktor yang mempengaruhi (Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah). Vol. 2. Jurnal Of Economics.
Putra, Gede Noparima ari, dkk. tt. Pengaruh Produksi dan Inflasi terhadap Ekspor dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. E-Jurnal EP Unud.
Rany, Alya P, dkk. 2020. Tantangan Indonesia dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui Indonesia green growth program oleh BAPPENEAS. Vol 20. 1 Maret.
Sudono, Sukirno. 2007. Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Kemcana Pers.
Supartoyo, Yesi Hendriani, dkk. 2013. The Economic Growt and The Regional Characteristics: The Case Of Indonesia. Bulletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, juli 2013.
Syahputra, Rinaldi. 2017. Analisis Faktor-faktor yang mempengruhi pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Vol 1. Jurnal Samudra Ekonomika. 2 Oktober.
Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2011. Pembangunan Ekonomi Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Todaro, Michael. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta : Erlangga.
Widada, Rasyid, dkk. 2014. Analisis Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Haol Pemerkaran di Indonesia. Vol. 6. Jurnal Manajeman Pembangunan Daerah. Oktober.
Published
2020-11-25
How to Cite
Jannah, F. (2020). Peningkatan Ekonomi di Tengah Pandemi dalam menunjang Pergerakan Pertumbuhan Ekonomi di Surabaya. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1427-1432. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.243
Section
Articles