Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual

Keywords: Media Interaktif, PAI, Gaya Belajar Visual

Abstract

Teknologi pendidikan merupakan sekumpulan pengembangan media yang diinovasikan secara kompleks dan terpadu untuk tunjuan pendidikan. Pada zaman yang semakin modern ini semua peserta didik harus mampu untuk berkompetisi, sehingga pendidik maupun peserta didik harus mempersiapkan diri dengan perkembangan teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, hal tersebut dapat menunjang pembelajaran disekolah, dengan adanya teknologi dapat memperluas sumber belajar menembus ruang dan waktu.  Sehingga dengan adanya berbagai karakteristik dan gaya belajar peserta didik, harapannya teknologi dapat menjadi media yang solutif dalam mencapai tujuan pendidikan. Tentunya hal tersebut harus dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan guna memaksimalkan potensi siswa menghadapi era persaingan. Penelitian ini menggunakan metode kajian literature, dengan tujuan memaparkan peran media interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa dengan gaya belajar visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif memiliki peran penting untuk siswa dengan gaya belajar visual, selain dapat memaksimalkan potensi peserta didik, media interaktif juga dapat bermanfaat bagi pendidik untuk mendapatkan feedback yang relatif cepat dalam kegiatan pembelajaran.

References

Ali, I. M. bin (2019) Buku Pintar Bacaan Shalat Plus Doa Harian. Yogyakarta: Laksana.
Halimatussa’diyah (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Lestari, N. (2020) Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jawa Tengah: Lakeisha.
Limbong, T. and Janner Simarmata (2020) Media dan Multimedia Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Majid, A. and Dian Andayani (2005) Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi : Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Priyatna, A. (2013) Pahami Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: Gramedia.
Rusman (2017) Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sandy, T. A. and Wahyu Nur Hidayat (2019) Game Mobile Learn. Malang: Alihmedia Book.
Sutarti, T. (2017) Kiat Sukses Meraih Hibah Peneitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.
Wibawanto, W. (2017) Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Wibowo, E. J. (2013) ‘Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV’, Vol 2 No 1.
Wuryandari, A. and Muknirotun Akmaliyah (2016) ‘Game Interaktif Mencegah Terjadinya Pemanasan Global Untuk Anak’, Vol7 No1.
Published
2020-11-25
How to Cite
Asela, S., Salsabila, U., Puji Lestari, N., Sihati, A., & Pertiwi, A. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1297-1304. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.242
Section
Articles