KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE

  • Josephine Natasha Marpaung Universitas Pelita Harapan
  • Wiputra Cendana Universitas Pelita Harapan
Keywords: keterampilan menjelaskan, keterlibatan siswa, pembelajaran online, intonasi, ekspresi

Abstract

Pandemi Covid-19mengharuskan pihak guru maupun murid untuk melakukan proses pembelajaran secara daring/online. Guru harus memiliki strategi baru untuk melibatkan siswa pada proses pembelajaran karena keterlibatan siswa akan memamapukan siswa untuk menerima dan memahami pembelajaran. Fakta yang terjadi pada salah satu sekolah Kindergarten 3(TK B) yaitu murid yang berjalan-jalan, mengobrol dengan adik atau kakaknya dan terlihat bosan selama kegiatan pembelajaran onlinesinkronus ini. Tujuan penulis yaitu agar guru mengetahui seberapa pentingnya keterampilan yang dimiliki guru terhadap keterlibatan siswa. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang menggunakan data pendukung menggunakan lembar refleksi dan lembar umpan balik mentor di salah satu sekolah Kristen di Jakarta. Sumber pendukung karya ilmiah ini yaitu berupa jurnal dan buku yang sesuai dengan masalah yang ditemukan penulis. Adapun solusi yang dilakukan penulis yaitu memberikan penekanan melalui intonasi dan ekspresi yang dimiliki membuat siswa terlihat lebih aktif dan berdialog dengan guru. Hal ini dapat disimpulkan bahwa memberikan penekanan melalui intonasi dan ekspresi membuat siswa memiliki minat untuk terlibat dalam proses pembelajaran.  Guru disarankan tidak melulu menggunakan metode ceramah dalam menggunakan keterampilan menjelaskannya namun peka terhadap situasi dikelas.

References

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kab. Suka Bumi: CV Jejak.

Ayu, Putu Eka Sastrika. 2019. "PENTINGNYA PEMAHAMAN BAHASA TUBUH BAGI PARA GURU Pendidikan Anak Usia Dini." Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya 29-36.

Delima, Rustiyarso, and Izhar Salim. 2015. "PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU SOSIOLOG DI SMA ISLAMIYAH PONTIANAK." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan 1-9.

Fahrina, Afrilla, Karla Amelia, and Cut Rita Zahra. 2020. Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, and Mia Zultrianti Sari. 2020. "Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan 165-175.

Kusuma, Wijaya, and dkk. 2020. Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah. Tata Akbar.

Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Novianti, Yesi, Gimin Gimin, and Sumarno Sumarno. 2018. "PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGRI 5 PEKANBARU." Jurnal Online Mahasiswa 1-11.

Panjaitan, Romansn. 2017. Metodologi Penelitian. Kupang: Jusuf Aryani Learning.

Pingge, Keronimus Delu. 2020. Mengajar Dan Belajar Menjadi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Lakeisha.

Rakhmalia, Mia. 2014. "Penggunaan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Pos Paud Terpadu." Modeling Jurnal Program Studi PGMI 36-46.

Ranabumi, Raditya, Muhammad Rohmadi, and Slamet Subiyantoro. 2017. "Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada SIswa Kelas VII-B SMP Negri 5 Kediri." Proceedings of Education and Language International Conference 664-668.

Reeve, Johnmashall, and Ching-Mei Tseng. 2011. "Agency as a fourth aspect of students’ engagement during learning activities." Contemporary Educational Psychology 257-267.

Revee, Johnmashall. 2012. "Handbook of Research on Student Engagement." Journal of Educational 149-172.

Rozana, Salma, Dwi Septi Anjas Wulan, and Rini Hayati. 2020. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Tasikmalaya: Edu Publisher.

Tyaningsih, Ratna Yulis. 2016. "KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PROSES BELAJAR MENGAJAR (MK PBM)." Jurnal Math Educator Nusantara 55-66.

Yuliani, Meda, Janner Simarmata, Siti Saudah Susanti, Eni Mahwati, Rano Indradi Sudra, Heri Dwiyanto, Edi Irawan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Muttaqin, and Ika Yuniwati. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Published
2020-11-25
How to Cite
Marpaung, J., & Cendana, W. (2020). KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.241
Section
Articles