PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENDAFTAR MAHASISWA BARU

  • Muhammad Sahid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Media Sosial, Pendaftar Mahasiswa Baru, Promosi Perguruan Tinggi

Abstract

Era media sosial secara pelan namun pasti telah memaksa banyak perusahaan ataupun instansi mengubah cara mereka berkomunikasi termasuk perguruan tinggi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai salah satu perguruan tinggi juga menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosinya untuk menarik calon mahasiswa. Penggunaan media sosial ini menjadi salah satu cara untuk semakin meningkatkan jumlah pendaftar, sehingga menjadi salah satu hal yang dapat menjadi pilihan dalam promosi perguruan tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini merupakan bagian dari Humas (Hubungan Masyarakat) UIN Alauddin Makassar yang menjadi pengelola akun media sosial. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggunakan beberapa media social dalam rangka melakukan promosi untuk meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru. Hal ini mengindikasikan bahwa saat ini penggunaan media social menjadi hal yang begitu penting dalam melakukan promosi khususnya bagi perguruan tinggi.

References

[1] Arini, A. D., 2013, Bentuk, Makna, dan Fungsi Bahasa Tulis Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi dan Interaksi pada Internet, Skriptorium.
[2] Bahfiarti, T., 2012, Buku Ajar Dasar-Dasar Teori Komunikasi, Makassar : Universitas Hasanuddin.
[3] Cangara, H., 2014, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
[4] Hanafi, A., 2010, Marketing Media Sosial untuk Pencitraan Perguruan Tinggi.
[5] Hamzah, A., 2015, Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Pembelajan Untuk Mahasiswa, Teknoin.
[6] McQuail, D., 2003, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Erlangga.
[7] Nuruddin, 2007, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[8]Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
[9] Putra, T., H., 2015, Kepuasan Anggota Instanusantara Surabaya pada pengguna Media Sosial Instagram, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
[10] Suryadih, D., 2006, Promosi Efektif, Cetakan I, tugu Publisher, Yogyakarta.
[11] Setyani, N., I., 2013, Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas, Jurnal Komunikasi Universitas Sebelas Maret.
[10] Jalaluddin, R., 2001, Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
[11] Morrisan , 2011, Teori Pengantar Individu Hingga Massa, Jakarta: Prenada Media Group.
[12]Kevin,S.,https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram#Fitur-fitur_Instagram (diakses pada 16 September 2021)
Published
2023-01-01
How to Cite
Sahid, M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENDAFTAR MAHASISWA BARU. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7417-7428. https://doi.org/10.47492/jip.v3i8.2409
Section
Articles