Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Manding Laok Kec.Manding Kab.Sumenep

  • raudhatul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Kata Kunci: Peranan, Bumdes, Perekonomian

Abstract

Abstract

 

Desa Manding Laok membuat Bumdes dengan maksud untuk menggerakkan perekonomian masyarakat lewat pengembangan masyarakat dengan memanfaatkan potensi desa.Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu peran Bumdes dalam membangun perekonomian masyarakat desa Manding Laok Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep serta untuk mencari tahu faktor pendukung dan penghambat Bumdes dalam dalam menjalankan roda perekonomian di desa Manding Laok Kecamatan Manding. Peneliti memakai teori peranan, pengembangan masyarakat, perekonomian dan Bumdes.Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Bumdes dalam meningkatkan perekonomian sudah baik dalam pelaksanaannya, dengan berkembangnya Bumdes meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat Desa Manding Laok.Untuk pelaksanaan Bumdes masih perlu diperbaiki pada aspek sumber manusia.Rekomendasi yang diberikan yaitu meningkatkan kualitas pada sumber daya manusia, meningkatkan sumber daya, dan memahami karakteristik pesaing sehingga pemberdayaan masyarakat dapat ditingkatkan.

References

DAFTAR PUSTAKA
Basuki, 2008, Konsep Ekonomi Kreatif: Peluang dan Tantangan Dalam Pembangunan di Indonesia dalam Jurnal Ekonomi

Zubaedi. 2007. Wacana Pembangunan Alternatif. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media

Soerjono Soekanto. 2006. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurseto, dkk. 2011. Perekonomian Indonesia I. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial.

Maryunani. 2008. Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa.Bandung : CV.Pustaka Setia

Jefta, Leibo. 1995. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta : Andi Offest

Sumodingrat, Gunawan. 1996. Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat: Kumpulan Essai tentang Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta: Bina Rena Pariwara.

Amelia Kusuma Dewi. 2014. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Pades) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa. Jurnal vol5 No. 1 Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Adisasmita, R. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ade Kurniawan. 2016. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga Tahun 2015) Jurnal Bumdes
Published
2020-11-25
How to Cite
Firdaus, raudhatul. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Manding Laok Kec.Manding Kab.Sumenep. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1387-1394. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.235
Section
Articles