PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN KELAS IV SDN PEMEPEK KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2020/2021

  • Maisah Asmawati PGSD Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah PGSD Universitas Mataram
  • Ilham Syahrul Jiwandono PGSD Universitas Mataram
Keywords: Reward, Punishment, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar pada muatan PPKn siswa kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 42 siswa, dan sampel pada penelitian ini juga berjumlah 42 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengann cara seluruh populasi dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam mengambil data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada muatan PPKn siswa secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan hasil uji F antar variabel pada taraf signifikansi 5% dengan Fhitung sebesar =3,967 > Ftabel sebesar =3,23. Maka H0 yang diajukan ditolak dan sebaliknya Ha diterima dan menunjukkan pengaruh yang cukup kuat.

References

[1] Siswoyo, Dwi. Dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
[2] Shoimin. (2014). Model dan Metode Pebelajaran dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media Yogjakarta.
[3] Rosyid, Zaiful. Dkk. (2018). Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara
[4] Baharudin, dkk. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
[5] . . (2018). Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara
[6] Uno, B.Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis dibidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
[7] Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss
[8] Adiana, Fredika. (2015). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKN melalui Metode Group Investigation dikelas X RPL 1SMKN 1 Sukoharjo. Universitas Veteran Sukoharjo
[9] Purwanti, Ratih. (2015). Hubungan antara Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan Sikap Solidaritas Sosial pada Siswa. Semarang.
[10] PP No 32 tahun 2013 pasal 77 ayat 1 tentang pendedikan pancasila dan kewarganegaraan, (2013).
[11] PP No 58 tahun 2014 tentang Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, tahun (2014)
[12] Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
[13] Arikunto, Suharsimi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
[14] Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss
[15] Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203–213.
[16] Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk Ppkn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal), 4(1), 9–19.
[17] Jiwandono, I. S., Degeng, N. S. I., & Kusmintardjo. (2017). Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Di Sdn Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(21), 721–726. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/935
Published
2020-11-25
How to Cite
Asmawati, M., Nurhasanah, N., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN KELAS IV SDN PEMEPEK KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1289-1296. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.229
Section
Articles