OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK BAGI PEMIMPIN DI ERA 4.0 (GLOBALISASI)
Abstract
Pelayanan publik yang berkualiatas, yang berorientasi memuaskan masyarakat sangat tergantung dari peranan pemimpinnya. Merubah paradigma pelayanan publik juga sangat tergantung dari mindset (pola pikir) dari pemimpin itu sendriri. Ini semua berhasil dirubah paradigma pelayanan publik apabila didukung dengan (cultural setting) budaya kerja yang menjadi milik bersama dan (breakthough strategic) terobosan strategi-strategi yang tepat sasaran. Berkualitasnya pelayanan public, ternyata membawa dampak pada peningkatan pendapatan asli Daerah (PAD), peningkatan Investasi, kepercayaan pada pemerintah dan sebagainya
References
[2] Anwar Suprijadi (2005), Kebijakan Pembinaan Widyaiswara, Makalah disampaikan pada rapat Koordinasi Nasional Widyaiswara, LAN-RI Jakarta 26-27 September 2005.
[3] Awang Anwaruddin, Drs, M.Ed (2006), Pengembangan Etika Profesi Dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Widyaiswara, Jurnal Diklat Aparatur, LAN-RI Jakarta.
[4] Basuki J, Dr, M.Psi (2004), Kebijakan Nasional Pembinaan dan Pengembangan Widyaiswara, LAN-RI Jakarta.
[5] Berten, K (2000), Etika, PT. Gramedia Pustka Utama, Jakarta.
[6] Desi Fernanda, Drs, M.Soc.Sc (2003), Etika Organisasi Pemerintah, LAN-RI Jakarta.
[7] Dharma Setiawan Salam, Ir, M.Ed, Dr (2002), Peran Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kualitas Aparatur Pemerintah, Majalah Governance Pusdiklat Depdagri Regional I Bandung.
[8] Hamengku Buwono X (2000), Sambutan pada Pembukaan Kongres Ikatan Profesi Widyaiswara, Yogyakarta 26 September 2000.
[9] Keraf, A. Sonny (2003), Menumbuhkan dan Mengembangkan Etika Birokrasi, Makalah pada Top Managemen Seminar, 16 Juli 2003.