HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) DALAM MENGKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP INTERAKSI SOSIAL MELALUI LEMBAR KERIA PESERTA DIDIK (LKPD)

  • Nanis Hairunisya Prodi Magister Pendidikan IPS, UBHI Tulungagung, Universitas Bhinneka PGRI
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thinking Skill, Evaluasi Belajar Terstruktur & Interaksi Social.

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan ketrampilan berfikir tingkat tinggi peserta didik dalam mengkonstruksi pemahaman konsep interaksi sosial melalui pengembangan LKPD berbasis Higher Order Thingking Skill. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Reflective, Recursive, Design, and Development (R2d2). Subyek penelitian adalah guru dan siswa SMP sebanyak 80 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik lebih mudah dan lebih cepat mengkonstruk pemahaman tentang interaksi dan Lembaga social dengan menggunakan LKPD berbasis HOTS. Ditemukan bahwa peserta didik lebih mampu berargumen dengan baik, mengemukakan ide lebih jelas, mengurai masalah yang kompleks menjadi lebih sederhana dengan dilatih menggunakan lembaran kerja berbasis HOTS sebagai media stimulus. Hasil penelitian ini memperkaya media belajar dengan Latihan soal yang terstruktur. Keterbatasan penelitian ini ada pada jumlah peserta didik yang disertakan dalam tahap implementasi.

References

[1] Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., Ningrum, W. P., Anazifa, R. D., & Kartianom, K. (2019). Scaffolding for international students in statistics lecture. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012078
[2] NursafraMohdZhaffar, M., & Razak. (2017). Elemen Pemikiran Kritis Dalam Konteks Kemahiran Berfikir Aras Tinggi. ASEAN Comparative Education Research Journal on Islam and Civilization (ACER-J).
[3] Hamzah, M. I., Zhaffar, N. M., & Razak, K. A. (2018). Barriers in Teaching Critical Thinking in Islamic Education. Creative Education. https://doi.org/10.4236/ce.2018.914175
[4] Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
[5] Yee, M. H., Yunos, J. M., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2015). Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills among Technical Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.127
[6] Maharani, A. D., & Utami, T. S. (2019). HOTS pada assesment pembelajaran tematik muatan pembelajaran IPA siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
[7] Indriani, M., Niswah, C., & Arifin, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1739
[8] Sapriya. (2016). Pendidikan IPS. In Pendidikan IPS.
[9] Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D.
[10] Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
[11] Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika.
[12] Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Wahana Sekolah Dasar; Vol 27, No 2 (2019).
Published
2020-10-29
How to Cite
Hairunisya, N. (2020). HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) DALAM MENGKONSTRUKSI PEMAHAMAN KONSEP INTERAKSI SOSIAL MELALUI LEMBAR KERIA PESERTA DIDIK (LKPD). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1231-1236. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.226
Section
Articles