HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA: STUDI PADA KELAS V SDN 96 CITTA KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG

  • Sudarto Sudarto Universitas Negeri Makassar
  • Achmad Shabir Universitas Negeri Makassar
  • Andi Ahlal Herman Universitas Negeri Makassar
Keywords: Self-Confidence, Learning Motivation, Science

Abstract

This study was a correlational study that aimed to determine whether there was  or there was not a coorelation between self-confidence and Science learning motivation of the 5th Grade students at SDN 96 Citta, Citta District, Soppeng Regency. The variables in this study were students' self-confidence and students' Science learning motivation  The population in this study were all fifth grade students at SDN 96 Citta, Citta District, Soppeng Regency, in a count 31 students. The sampling technique in this study wais a non-probability sampling technique with the type of total sampling or saturated sampling. The data analysis technique used descriptive statistics and inferential statistics. Based on the results of inferential statistical analysis, it was obtained that t count (3.4513) > t table (2.04523) at a significance level of 0.05 so that H1 was accepted and H0 was rejected. Thus, it could be concluded that there was a significant correlation between self-confidence and science learning motivation of fifth grade students at SDN 96 Citta, Citta sub-district, Soppeng Regency.

References

[1] Asiyah, dkk (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata
[2] Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 9 (3), hal. 217-226.
[3] Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan).
CV. Widya Pustaka.
[4] Asparinda. (2015). Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri Kabupaten Tanjung Jabung.
[5] Astuti, K. W. (2019). hubungan persepsi siswa terhadap profesionalisme guru, motivasi belajar siswa dan rasa percaya diri siswa dengan partisipasi aktif siswa di kelas.
[6] Atep Sujana, Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya, (Bandung: UPI PRESS, 2014), hlm. 3-6
[7] Dimyanti&Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. PT.Rineka Cipta.
[8] Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
[9] Hakim, T. (2016). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara.
[10] Husnan, A. (2015). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswi yang Tinggal di Asrama.
[11] Laksana, H. (2017). Menjadi Pribadi Memikat, Berpengaruh, dan Percaya Diri Segala Situasi. Araska.
[12] M. KhSaleh (2016). Pengaruh Percaya Diri Siswa Terhadap Motivasi Belajar Kelas Xi (Sebelas) Ips Di Ma. Ashhabul Maimanah Sidayu. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman Vol 3 (1), hal. 88-110.
[13] Menrisal & Utari, E. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa.
[14] Riswanto, A. dan Aryani, S. (2017). Learning Motivation and Student Achievement: Descriprion Analysis and Relationship BothNo Title.
[15] S. Pangestika (2018). Hubungan rasa percaya diri dengan motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Psikologi Pendidikan.
[16] Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitafi, Kualitatif dan R&D (Cetakan 28). Alfabeta.
[17] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
[18] Suwisnawati Gowasa, Harahap, F., dan Suyanti, R.D. Perbedaan penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran terhadap kemmpuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. Jurnal Tematik. Volume 9 Nomor 1 Tahun 2019, hlm. 19-27
[19] Nurita, Dkk., Kendala-kendalaGuru dalam Mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah PGMI FKIP Unsiyah Volume. 3, Nomor. 4. 2018, hlm. 112
[20] Ni Komang Indah Yani, I Gede Margunayasa, dan Ni Nyoman Kusmariyatni. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Kelas Vi Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 9 Nomor 3 Tahun 2020, Hlm. 324
[21] Atep Sujana, Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya, (Bandung: UPI PRESS, 2014), hlm. 3-6
[22] Ida, Damayanti. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiriuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 Nomor 3. Hlm. 1-12
[23] Metta Ariyanto, Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble , Profesi Pendidikan Dasar Volume: 3 Nomor 2 Tahun 2016, Hlm. 134
[24] Metta Ariyanto, Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble , Profesi Pendidikan Dasar Volume: 3 Nomor 2 Tahun 2016, Hlm. 135
[25] Metta Ariyanto, Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble , Profesi Pendidikan Dasar Volume: 3 Nomor 2 Tahun 2016, Hlm. 135
[26] Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Published
2022-11-28
How to Cite
Sudarto, S., Shabir, A., & Herman, A. A. (2022). HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA: STUDI PADA KELAS V SDN 96 CITTA KECAMATAN CITTA KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7173-7176. https://doi.org/10.47492/jip.v3i7.2225
Section
Articles