PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMP NEGERI 1 BOJONGSARI

  • Diah Tri Anggraini Universitas Harapan Bangsa
  • Noor Yunida Triana Universitas Harapan Bangsa
  • Ikit Netra Wirakhmi Universitas Harapan Bangsa
Keywords: Pendidikan, HIV, Pengetahuan, Sikap Remaja

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem imun tubuh manusia yang disebabkan adanya penularan secara langsung dengan penderita. HIV/AIDS pada angka kejadian meningkat, penderita sebagian besar terdapat pada usia remaja. Pengetahuan yang kurang akan mempengaruhi sikap remaja. Pendidikan kesehatan bertujuan untuk masyarakat berperilaku sesuai dengan nilai kesehatan untuk karena itu pendidikan tentang HIV sangatlah penting bagi remaja. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan HIV pada pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV dan AIDS. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental dan jenis metode yang digunakan quasi-experimental rancangan pretest- posttest control group design dengan teknik Proportional Random Sampling mendapatkan 90 responden. Hasil Penelitian : Hasil uji bivariate t independen ( p value pengetahuan = 0,000, p value sikap = 0,000.  Hasil penelitian Pendidikan menunjukan bahwa pendidikan kesehatan dengan metode audiovisual berpengaruh signifkan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV dan AIDS.

Author Biographies

Diah Tri Anggraini, Universitas Harapan Bangsa

Fakultas Kesehatan

Noor Yunida Triana, Universitas Harapan Bangsa

Fakultas Kesehatan

Ikit Netra Wirakhmi, Universitas Harapan Bangsa

Fakultas Kesehatan

References

[1] A, B. & R. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
[2] Andriani, D. A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia Sekolah Tentang Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 7(1), 65–72. https://doi.org/10.36743/medikes.v7i1.203
[3] Asipiawati. (2018). No TitlePENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMK NEGERI 2 MAKASSAR.
[4] Dewi. (2012). Hubungan karakteristik remaja , peran teman sebaya dan paparan pornografi dengan perilaku seksual remaja di Kelurahan Pasir Gunung Selatan Depok = Relationships between characteristics of adolescents , the role of peers , and exposure to pornography with.
[5] Kemenkes. (2019). Isi Buku PPIA.pdf (p. 103).
[6] KemenKes RI. (2020). Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pengendalian Hiv Aids Dan Pims Di Indonesia Tahun 2020-2024. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1–188.
[7] Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta. . Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[8] Rusdani. (2019). Pengaruh Penyuluhan tentang HIV/AIDS terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas XII SMA Negeri 21 Batam. Zona Psikologi Program Studi Psikologi Universitas Batam, 02(02), 58–65.
[9] Saifuddin., A. (n.d.). Sikap Manusia dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[10] Siregar Yafrinal. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Promosi Kesehatan Leaflet dan Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Bahaya HIV/ AIDS di SMK Swasta IMELDA Medan. PhD Thesis. Universitas Sumatera Utara. https://www.usu.ac.id/id/fakultas.html
[11] Syam, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hiv/Aids Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 11(2), 147. https://doi.org/10.32382/jmk.v11i2.1779
[12] Vidayanti, V., Tungkaki, K. T. putri, & Retnaningsih, L. N. (2020). Pengaruh Pendidikan Seks Dini Melalui Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Seksualitas Di Sdn Mustokorejo Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 5(2), 203. https://doi.org/10.35842/formil.v5i2.331
[13] Wahyuny, R., & Susanti, D. (2019). No TitleGambaran pengetahuan mahasiswa tentang hiv/aids di Universitas Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Urnal Maternal Dan Neonatal, 2(6), 341–349.
[14] Widodo., B. (2014). Pendidikan Kesehatan Dan Aplikasinya Di. 7(1), 89–100.
[15] Widya Sandika, T. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Bahaya HIV/AIDS Di SMPN 2 Haltim Paluta. Education Achievement: Journal of Science and Research, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.51178/jsr.v2i2.472
[16] Yanti, E. D., Dewi, Y. I., & Nurcahyati, S. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Mengenai Upaya Pencegahan Penyakit Menular Seksual. Jom, 2(2), 1048–1057.
Published
2022-11-28
How to Cite
Anggraini, D. T., Triana, N. Y., & Wirakhmi, I. N. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMP NEGERI 1 BOJONGSARI. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7083-7090. https://doi.org/10.47492/jip.v3i7.2214
Section
Articles