PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Icha Febyanita Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Dyah Ayu Pramoda Wardhani Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Puzzle, Siklus Air & Motivasi Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena media yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA hanya menggunakan buku dan gambar, sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan media puzzle materi siklus air pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian R&D (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran puzzle siklus air dikatakan valid dengan mendapatkan skor persentase 96% dengan kategori sangat layak tidak perlu revisi dan hasil validasi materi mendapatkan skor 95% dengan kategori sangat layak tidak perlu revisi. Motivasi belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat pada hasil angket motivasi belajar siswa sebelum pembelajaran mendapatkan skor 36% dengan kategori kurang, sedangkan pada angket motivasi belajar siswa sesudah pembelajaran mendapatkan skor 71% dengan kategori baik. hasil angket respon siswa mendapatkan skor 75% dengan kategori baik. Hasil peningkatan motivasi belajar siswa pada uji coba kelompok utama mendapatkan skor 35%.

References

[1] A.M, Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[2] Arsyad,A.(2004).Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[3] Hamalik,O.(2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
[4] Husna, Nurul. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 66-71
[5] Junita. (2018). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pemahaman Materi Daur Hidup Hewan Di Sekolah Dasar. (Online) https://repository.stkipgetsempena.ac.id/handle/738. Diakses pada tanggal 6 Januari 2020
[6] Lutfiyani. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Puzzle di Kelas III SD Negeri Kepek. (Online) http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/1946/1675. Diakses pada tanggal 6 Januari 2020
[7] Munandi, Yudhi.(2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Permata Putri Media.
[8] Rumakhit, Nur. (2017). Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis Dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017. Jurnal simki pedagogia, 1(2), 1-4
[9] Samwatowa, Usman. (2009). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
[10] Soebachman, A.(2012). Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. IN Azna Books: Yogyakarta.
[11] Sudjana, N dan Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
[12] Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[13] Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2020-10-24
How to Cite
Febyanita, I., & Wardhani, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1205-1210. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.221
Section
Articles