PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI DESA BUMI RAHAYU KECAMATAN TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN

  • Masruri Masruri Universitas Kaltara
Keywords: Partisipasi Mayarakat & Pembangunan.

Abstract

Dalam era demokrasi seperti saat ini, partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam segala aktivitas kehidupan khususnya pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah merupakan hal penting yang harus dilakukan. Definisi partisipasi sendiri menurut ahli berbeda-beda, namun pada dasarnya partisipasi memiliki makna yang kurang lebih sama, yaitu keterlibatan/ keikutsertaan seseorang dalam suatu aktivitas tertentu. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Bumi Rahayu juga diartikan sebagai keterlibatan masyarakat dalam pembangunan secara utuh, mulai dari keterlibatan identifikasi persoalan dan kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga pemeliharaan. Hal ini menjadi penting karena ketika partisipasi telah dilaksanakan, maka proses pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan juga dapat meminimalisir potensi penyelewengan oleh pelaksana pembangunan baik pemerintah maupun pihak lainnya. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Bumi Rahayu dapat dilakukan jika masyarakatnya memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong yang tinggi. Dimana kebersamaan dan gotong royong merupakan nilai luhur yang dimiliki bangsa kita yang seiring dengan berkembangnya zaman, tidak dapat dipungkiri bahwa nilai-nilai luhur tersebut sudah mulai luntur, sehingga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menghidupkan kembali nilai-nilai tersebut agar partisipasi juga dapat dilaksanakan dengan baik.

References

[1] Alexander Abe, 2005, Perencanaan daerah partisipatif. Yogyakarta: Pembaharuan.
[2] HAR, Tilaar.2009. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Rineka Cipta: Jakarta.
[3] Idrus, Muhammad.2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Dua. Jakarta: Erlangga.
[4] Marbun, B.N.2002. Proses Pembangunan Desa, Erlangga. Jakarta.
[5] Miles, M.B, Hubberman dan Saldana J.2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
[6] Nasution.1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.
[7] Ndraha, Talizuduhu.1990. Pembangunan Masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[8] Siagian, Sondang.2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Slamet, Y (1994) Pembangunan masyarakat berwawasan berwawasan partisipasi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
[10] Sugiyono.2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
[11] Sukirno, Sadono, 2006. Ekonomi Pembangunan, Jakarta: Kencana.
[12] Sumaryadi, Nyoman, I, 2010, Perencanaan Pembangunan Daerah Otonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, CV Cita Utama, Jakarta
Published
2020-10-24
How to Cite
Masruri, M. (2020). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI DESA BUMI RAHAYU KECAMATAN TANJUNG SELOR KABUPATEN BULUNGAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1171-1180. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.217
Section
Articles