PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Siti Rahmalia. N Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Metode Pembelajaran, Tugas Berbantuan, Bahan Ajar Universitas Muhammadiyah Buton & Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode pembelajaran pemberian tugas berbantuan bahan ajar dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa di tengah pandemic covid-19. Pembelajaran menggunakan media zoom dan whatsapp grup. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas D Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Buton sebanyak 25 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan tes prestasi dan lembar observasi. Siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66,4 dengan persentase mahasiswa yang mendapat nilai minimal B sebesar 24%. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama sebesar 87%. Siklus kedua rata-rata kelas sebesar 79.52 dengan peresentase mahasiswa yang mendapatkan nilai minimal B sebesar 88%. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus kedua sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berbantuan bahan ajar dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa PGSD UM Buton di tengah pandemi covid-19.

References

[1] Elliot, S.N., Kratochwill, R.T., Cook, L.J., et al. (2000). Educational psychology: Effective teaching, effective learning. MA: The McGraw Hill Companies, Inc.
[2] Endang, W.S. (2016). Efektivitas penerapan metode resitasi berbantuan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar siswa kelas IX. Diambil pada tanggal 17 September 2020, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17410.
[3] Hewitt, D. (2008). Understanding effective learning: Strategies for the classroom. London: The McGraw. Hill Companies.
[4] Panen, P. (1996). Mengajar di perguruan tinggi, buku empat, bagian “pengembangan bahan ajar”. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
[5] Rahma, W. (2012). Efektivitas metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan modul pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kompetensi dasar uang dan perbankan sman 1 kota mungkid kabupaten magelang. Diambil pada tanggal 17 September 2020, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj.
[6] Roestiyah. (2008). Strategi belajar mengajar. Bandung: Rineka Cipta
[7] Sadjati Malati, I. (2012). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
[8] UU. (2003). Sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003. Jakarta.
Published
2020-10-24
How to Cite
N, S. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN BAHAN AJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1149-1160. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.215
Section
Articles