KONSELING BERBASIS DIGITAL, TREN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING : LITERATURE REVIEW

  • Zahratul Azizah Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang
  • Herman Nirwana Universitas Negeri Padang
Keywords: Layanan Digital, Bimbingan Dan Konseling

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dewasa ini terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Setiap orang mau tidak mau harus siap menghadapi segala perubahan yang terjadi dengan adanya kemajuan tersebut. Konseling sebagai bagian dari layanan pendidikan yang diperuntukkan pada peserta didik pun harus siap mengikuti segala perubahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang layanan konseling berbasis digital, yang menjadi tren terkini dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan perkembangan era digital. Penelitian mengunakan studi literatur dimana peneliti memulai dari mencari, mengumpulkan, membaca, sampai pada tahap mencatat tentang sub-sub pembahasan penelitian ini. Dalam pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis mengunakan studi kepustakaan (Library Research) artinya kegiatan pengumpulan data yang berkaitan dengan penelitian di dapat dari buku, jurnal ilmiah, literatur dan publikasi lainnya yang dijadikan rujukan untuk penelitian yang diteliti penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling berbasis digital dinilai efektif dilakukan karena memberikan kemudahan bagi semua pihak baik guru maupun peserta didik

References

[1] Fadhilah, M. F., Alkindi, D., & Muhid, A. (2021). Cyber Counseling Sebagai Metodei Meningkatkan Layanan Bimbingani dani Konselingi di Sekolahi: Literaturei Reviewi. Counselliai: Jurnal Bimbingani Dan Konselingi, 11(1), 86–94.
[2] Hermawan, R. (2022). Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa di Masai Pandemii Covid-19.i Coution: Journal of Counseling and Education, 3(1), 28–40.
[3] Putra, M. A., & Shofaria, N. (2020). Inovasi Layanan Bimbingan dan Konselingi di Masai Pembelajarani Dalami Jaringan Masai Pandemii Covid-19. Jurnali Bikotetiki (Bimbingan dan Konseling: Teorii dan Praktiki), 4(2), 55–61.
[4] Sudarmiyati, S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling di Era Digital. SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2018.

[5] Wibowo, M. E. (2018). Profesi Konseling Abad 21. Semarang: Unnespress.
[6] El Fiah, R. (2017). Bimbingani dani Konselingi di Sekolah. iLampung : LP2M IAIN Raden Intani
[7] Prayitno. 2004. Dasar-dasari Bimbingan dan Konseling.i Bandung: Mutiara.
[8] Corey,i Gi. (2013). Teorii dan Prakteki Konselingi dan Psikologii.i Bandungi: Refikai Aditamai.
[9] Prasetiawan, i H. (2016). Cyberi counselingi Assistedi withi Facebooki Cyberi counselingi Assisted With Facebookii Toi Reducei Onlinei Gamei Addiction. iJurnali Ilmui Pendidikan, Psikologi, Bimbingani dan Konseling, i 6(1), 28–32.
[10] Demir. i (2005). Practicali Counsellingi and Helping Skillsi. Londoni: Sagei
Published
2022-11-02
How to Cite
Azizah, Z., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). KONSELING BERBASIS DIGITAL, TREN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING : LITERATURE REVIEW. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6671-6676. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2129
Section
Articles