KEPUASAN NASABAH PERUMDA BPR KOTA SUKABUMI PASCA COVID-19 : DAMPAK KUALITAS LAYANAN ONLINE

  • Irman Firmansyah Jurusan Manajemen, STIE Pasim Sukabumi
Keywords: Kualitas Layanan Online, Kepuasan, Pasca COVID-19

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Kepuasan Nasabah Perumda BPR Kota Sukabumi pasca Covid-19 sebagai Dampak Kualitas Layanan yang dilakukan secara Online. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Responden penelitian adalah Nasabah Perumda BPR Kota Sukabumi sebanyak 75 orang, yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling pruposive yaitu berdasarkan pertimbangan sesuai dengan pengetahuan Nasabah Perumda BPR Kota Sukabumi. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden. Metode analisis data yang digunakan dimulai terlebih dahulu dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen, kemudian untuk uji analisis statistik digunakan uji analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Temuan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat keeratan hubungan Kualitas Layanan Online dengan Kepuasan Nasabah dinyatakan kuat dan searah dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,773. Dari hasil analisis koefisien determinasi diketahui bahwa nilai r2 yaitu sebesar 59,8% yang memiliki makna bahwa besarnya Kepuasan Nasabah sebagai dampak Kualitas Layanan dilakukan secara Online yaitu sebesar 59,8% dan 40,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti. Nilai r2 ini mendekati nilai +1, yang memiliki makna bahwa Kualitas Layanan Online yang dilakukan oleh Perumda BPR Kota Sukabumi sudah tepat dan telah mampu memodifikasi pelayanan-pelayanan yang sebelumnya lebih banyak dilakukan secara analog dan offline, pelayanan online telah meningkatkan mutu dan jaminan tercapainya harapan nasabah Perumda BPR Kota Sukabumi. Kualitas Layanan secara online sebagai bentuk inovasi layanan perbankan yang diperlukan saat ini cukup besar dampaknya terhadap Kepuasan Nasabah

References

[1]. Ajmal, M. M., Khan, M., Shad, M. K., AlKatheeri, H., & Jabeen, F. (2021). Socio-economic and technological new normal in supply chain management: lessons from COVID-19 pandemic. The International Journal of Logistics Management, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJLM-04-2021-0231
[2]. Chopipah, F. (2013). Pengaruh Kualitas layanan Internet Banking KLIKBCA terhadap Kepuasan Nasabah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/23866
[3]. Fajar, L. (2008). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Fajar+Laksana%2C+2008.+Manajemen+Pemasaran%2C+Pendekatan+Praktis.+Edisi+1.+Yogyakarta%3A+Graha+Ilmu.&btnG=
[4]. Firmansyah, D., Setiawan, T., & Susetyo, D. P. (2021). Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan: Survey Tentang Pelayanan dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 304–313. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/10829
[5]. Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291–296. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/614/616
[6]. Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1–20. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/14383
[7]. Kotler, Phililp, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
[8]. Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice, Hall twelfth edition. Pearson Education, Inc.
[9]. Kotler, Philip, & Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran; Jilid 2. In Erlangga. Jakarta (Millenium). Erlangga. http://lib.unika.ac.id/index.php?p=show_detail&id=50366&keywords=kotler
[10]. Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Global Marketing, 15 th Editon (15 th Edit). Pearson Education Limited. Inc.
[11]. Martasubrata, N., & Suwatno, S. (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 136–143. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3266/2339
[12]. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. 1988, 64(1), 12–40. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=pGIPEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA30&dq=Parasuraman,+A.,+et+al,+“ServQUAL:+a+multiple+item+scale+of+measuring+consumer+perception+of+service+quality”+Journal+of+Retailing+64+no.+1(1988):+12+–+37.+&ots=whjNEkGTA-&sig=QcJg
[13]. Saepuloh, D., Firmansyah, D., & Aryantika, N. (2020). Satisfaction as a mediator impact quality of service Toward customer loyalty (Study on pt. prima Mixindo Utama Sukabumi city). Global Research Network LLC. American Journal Of Social And Humanitarian Research, 1(3), 32–50. https://www.researchgate.net/profile/Dadang-Saepuloh-2/publication/346095442_Satisfaction_as_a_mediator_impact_quality_of_service_Toward_customer_loyalty_Study_on_pt_prima_Mixindo_Utama_Sukabumi_city/links/5fbb551c92851c933f500612/Satisfaction-as-a-mediat
[14]. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Komibansi (Mix Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
[15]. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta. Bandung.
Published
2022-11-02
How to Cite
Firmansyah, I. (2022). KEPUASAN NASABAH PERUMDA BPR KOTA SUKABUMI PASCA COVID-19 : DAMPAK KUALITAS LAYANAN ONLINE. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6533-6542. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2126
Section
Articles