Analisis Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Wisatawanyang Berkunjung ke DesaWisataBatulayang Kabupaten Bogor

  • Ayunda Fitrah Tunisya Universitas Nasional
  • Dela Safitri Universitas Nasional
  • Nila Nila Universitas Nasional
Keywords: Kualitas, Loyalitas, Desa Wisata Batulayang, Wisatawan, Destinasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejaumana kualitas dan loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Batulayang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualittatif deskriftif-verifikatif yang digunakan untuk menganalisis pandangan kualitas pelayanan dan tingkat loyalitas wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Desa Wisata Batulayang, Cisarua Puncak, Kabupaten Bogor, ditunjukkan oleh tingkat kepuasan layanan produk jasa, informasi panduan wisata dan fasilitas yang diterima, hal ini kualitas layanan cukup memadai. Sedangkan loyalitas pengunjung lebih banyak disebutkan datang satu atau dua kali saja berkunjung ke lokasi, artinya loyalitas wisatawan rendah. Dengan demikian perlunya sinergi stakeholder pariwisata harus diperkuat kembali agar dukungan keberadaan wisata alam di Batulayang Cisarua Puncak, Kabupaten Bogor dapat lebih optimal dalam memberikan nilai-nilai layanan berkualitas dan berdampak loyal bagi wisatawan.

References

[1] Beirman, D. (2020), Restoring Tourism Destinatin Crisis, Sydney: Spectrum by Bookhouse.

[2] Camilleri, M.A. (2018), Tourism Planning and Destination Marketing, Switzerland: Springer Nature.

[3] Dewi, L; Shafamila, H.P.(2022). Service Quality, Customer Value, and Price to Consumer Satisfaction at Kopi Kenangan Coffee Shop. International Journal of Social Science (IJSS) Vol 1 No. 6 April

[4] Astuti, N.S; Dewi, L.(2022). Analysis of Service Quality and Tourism Satisfaction Destination Parts on Visitor Satisfaction at Taman Mini Indoensia Indah. Tourism Research Journal Vol 6 No 1

[5] Ulhaq, S.D; Fadillah, J, dkk.(2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Mini Indonesia Indah. Jurnal Syntax Transformation Vol 2 No 11

[6] Dewi, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Produk Terhadap Kepuasan Pengunjung DI Museum Pos Indonesia Bandung. Jurnal EduTurisma Vol 1 No 2

[7] Gajdošík, T. (2022), Smart Tourism Destination Governance, Technology and Design-Based Approach, New York: Routledge.

[8] Goetsch, D.L., & Davis, S.B. (2014), Quality Management for Organizational Excellence. Pearson Upper Saddle River, NJ.

[9] Haryati, L., & Nugroho, S. (2018), Sinergi Stakeholder Dalam Mewujudkan Aktivitas Pariwisata Di Desa Wisata Baha, Kecamatan Mengwi, KabupatenBadung, Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 195-205

[10] Hermawan, H. (2017a). Pengantar Manajemen Hospitality. Jawa Tengah: Penerbit NEM.

[11] Hermawan, H. (2017b). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan: Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Wahana Informasi Pariwisata : Media Wisata, 15(1), 562–577.

[12] Jumadi, J. (2020), Membangun Loyalitas Wisatawan melalui Kebijakan Pariwisata Hijau dan Strategi Pemasaran Pariwisata Hijau, Jurnal ALTASIA, 2(1), 17-32.
[13] Lesmana, R., Habiyah, W., & Nabila, N.I (2020), Peran Kepuasan Wisatawan Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada Objek Wisata Kepulauan Seribu Jakarta, Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 3(2), 142-149

[14] Meo, F., & Rahmi, D.H. (2020), Sinergi antar Stakeholder dalam pengelolaan Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jurnal Reka Ruang, 3(2), 50-59.

[15] Nusantini, N.L.A (2016), Atribut Destinasi yang mempengaruhi Loyalitas Wisatawan Berkunjung ke Kawasan Sanur, JUMPA, 2(2), 39-57

[16] Priyanto, R., Hermawan, H., Nurhalimah, N., & Suryana, S. (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan serta dampanya terhadap Loyalitas (Studi di Ciater Spa Resort), Jurnal Upajiwa Dewantara, 2(2), 99-111.

[17] Ranggantara, N. (2017), Sinergi Antara Pemerintah Daerah Dengan Masyarakat Dalam Mengatasi Krisis Air Di Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Malang: Universitas Brawijaya.

[18] Rusdi, J.F. (2019), Peran Teknologi Informasi pada Pariwisata Indonesia, Accounting Information System, 2(1) 78-117

[19] Riyanto, S., & Kurniawati, I.D. (2018), Rancang Bangun Website Desa Kresek-Madiun Untuk Media Informasi Potensi Wisata Alam Dan Kulinier, JUSIKOM: Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima, 1(2), 1-17.

[20] Silalahi, U. (2014), Studi tentang Ilmu Administrasi, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

[21] Sugiyono, S. (2016), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.

[22] Susanta, J. & Ciptono, W.S. (2016), Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Strategi Pengembangan Pariwisata Yogyakarta, Tesis, Universitas Gadjah Mada.

[23] Sheldon, P.J. &Fesenmaier, D.R. (2017), Design Science in Tourism: Foundations of Destination Management, London: Routledge.

[24] Vanhove, N. (2011), The economics of tourism destinations, second edition, Sage: London.

[25] Subur Karyatun, S.E., M.M. & Tine
[26] Yuliantini, S. Par, M.M. Analisis
[27] Potensi Pasar Wisata Buatan Sumatera
[28] Utara

[29] Liliana Dewi, S.S., M.M.Par. , Rizki Nurul
[30] Nugraha, S.S.T.Par., M.M.Par. &
[31] Gagih Pradini, S.Par., M.M. Analisis
[32] Dampak Lingkungan Kegiatan Wisata
[33] di Desa Wisata, Kabpuaten Bogor
[34] (Pendekatan Tourism Impact
[35] Assessment)

[36] Ramang H Demolingo, S.S., M.Par. , Subur
[37] Karyatun, S.E., M.M. . Liliana Dewi,
[38] S.S., M.M.Par. Perilaku Wisatawan
[39] Generasi Millenials dalam Berwisata Ke
[40] Pulau Gili Trawangan Lombok


[41] Gagih Pradini, S.Par., M.M. , Liliana Dewi,
[42] S.S., M.M.Par. , Ramang H.
[43] Demolingo, S.S., M.Par. , Reza Emilia
[44] Pengaruh Bauran Promosi dan Kualitas
[45] Pelayanan terhadap Loyalitas
[46] Konsumen Cafe Janji Jiwa pada Saat
[47] Setelah Pandemi Covid-19, Jakarta di
[48] Tahun 2022
Published
2022-11-02
How to Cite
Tunisya, A., Safitri, D., & Nila, N. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Wisatawanyang Berkunjung ke DesaWisataBatulayang Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6611-6620. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2120
Section
Articles