KAJIAN KELENGKAPAN FASILITAS , SARANA ,DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI DESTINASI WISATA MUSEUM DI TENGAH KEBUN JAKARTA

  • Rizki Nurul Nugraha Universitas Nasional Jakarta
  • Franika Br Manjorang Universitas Nasional Jakarta
Keywords: Fasilitas , Sarana, Prasarana, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Destinas wisata museum di Tengah Kebun ini merupaka museum yang banyak menyimpan koleksi sejarah dari ratusan tahun yang lalu . penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian kelengkapan Fasilitas , sarana dan prasaran yang ada di museum tersebut . metode ini menggunkan metode Queantitative dengan pendekatan menggunkan peneyabaran kuesioner kepada 40 responden dengan menggunkan uji kelayakan model, uji asumsi kelasik serta uji regrasi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa varaiabel Fasilitas , Sarana ,dan Prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan .

References

[1] Afrilian , P. (2021). Analisis Peran Dinas Pariwisata Kota Bukit Tinggi Dalam Meningkatkan Fasilitas Pada Objek Wisata Taman Margasatwa Kinantan. 3, 44-48.
[2] Alana, P. R., & Putro, T. A. (2022). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo.
[3] Ardiansyah, H. (2019). Pengaruh moral sekolah terhadap lingkungan sekolah .
[4] Arum Janie , D. N. (2021). statistik deskriptif regrasi linier berganda .
[5] Aulia, R. (2016). Uji anova satu dan dua arah .
[6] Darma, B. (2021). Statistika Menggunakan SPSS. Guepedia.
[7] Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian Validitas dan Reliabilitas. Health Book Publising.
[8] Humagi, F., Moniaga, I. L., & Prijadi, I. (2021). Analisis Kebutuhan Sarana Dan Prasarana di Kecamatan Kaidipang. Jurnal Spasial, 19-200.
[9] Kiswantoro, A., & Susanto, D. R. (2019, September). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Pendukung Wisatawan Terhadap Kepusan Wisatwan di Umbul Ponggok. 10.
[10] Mardiamoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi kelasi pada model regrasi liniier berganda . jurnal matematika dan ilmu terapan .
[11] Nugraha, R. N., Dewi, L., Purnaa, N., & Putri, A. A. (2021). Pengembangan Kampung Adat Praijing Sebagai Desa wisata . Turn Jurnal.
[12] Pitanatri, P. D. (2020). Sejarah Perkembangan Pariwisata Dan Definisi Pariwisata.
[13] Pradini , G., & Alya, D. (2022). Analisis Harga PromosiProduk Pariwisata Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Pulau Tidung . Jurnal Ilmiah Indonesia, 2548-1398.
[14] Priyatmono, A. F., & Istiqomah, L. (2019, Juli). Identifikasi Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Pariwisata Di Kebun Teh Jamu Kabupaten Ngawi. 16.
[15] Saputra, P. A., & Adikampana, M. (2019). Perencanaan Fasilitas Pariwisata di Desa Wisata Kerta . Jurnal Destinasi Pariwisata, 30-35.
[16] Sari, A. Q., Sukestiarnno, Y. l., & Agoestaanto, A. (2017). Batasan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada uji Model regrasi . 169-177.
[17] Sukartha, I. M., & Swingly, C. (2015). Pengaruh Karakter Eksekutif , komite audit Ukuran Perusahaan Leverage dan sales . E-jurnal Akutasnsi , 47-62.
[18] Susetiarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengaruh Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum , Prasarana Umum dan Fasilitas Pariwista di Malioboro. Jurnal Kepariwisataan.
[19] Ulhaq, S. D., Astuti, N. S., Fadillah, J., Yusuf, R. S., & Dewi, L. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah.
[20] Widodo, U. (2021). Uji signifikasi pengaruh kreatifitas belajar .
Published
2022-11-02
How to Cite
Nugraha, R., & Manjorang, F. (2022). KAJIAN KELENGKAPAN FASILITAS , SARANA ,DAN PRASARANA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI DESTINASI WISATA MUSEUM DI TENGAH KEBUN JAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6507-6518. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2106
Section
Articles