PENGARUH FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DEVOYAGE BOGOR

  • Ratu Sinar Sari Tanjung Universitas Padjadjaran
  • Mas Dadang Enjat Munajat Universitas Padjadjaran
  • Evi Novianti Universitas Padjadjaran
Keywords: Faktor Pendorong Penarik, Keputusan Berkunjung, Devoyage Bogor

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu menganalisis Pengaruh Faktor Pendorong Dan Penarik Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Devoyage Bogor. Manfaat yang dicapai dalam penelitian ini adalah manfaat praktis dan manfaat akademis. Penelitian ini dilakukan di Devoyage Bogor. Teknik pemilihan informan adalah teknik random. jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif, dalam analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dikategorikan dalam dua tipe, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner, studi literature dan dokumentasi. Penilaian faktor penarik dan faktor pendorong terhadap keputusan berkunjung ke Devoyage Bogor dengan meminta responden mengisi pernyataan pada kuesioner dengan skala likert.

Penelitian ini membutuhan seratus responden yang sudah melakukan kunjungan Devoyage Bogor untuk mengisi kuesioner. Selanjutnya data diolah menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor penarik dan pendorong memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung ke Devoyage Bogor dengan uji  secara simultan, jika uji parsial factor pendorong memiliki pengaruh pada indikator romance dan faktor penarik terdapat pengaruh pada indikator static factor dan Information/Advertisement.

References

Aji Prasetyo. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Berkunjung Ke Obyek wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.Universitas Sebelas Maret [Skripsi], (ID). Surakarta
Tatang M., (1995), Menyusun perencanaan penelitian, Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Ashari, Wibawa ,Persada.2017. Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya).tesis. Fakultas Teknologi Industri. Manajemen Bisnis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, [Tesis]. (ID)Surabaya.
Awaritefe, O. D. (2004). Motivation and Other Considerations in Tourist Destination Choice: A Case Study of Nigeria. Tourism Geographies. An International Journal of Tourism Space, Place and Environment, 6(3), 303–330.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta(ID): Rineka Cipta.
Cooper, Chris et al. 2005. Tourism : Principles and Practice, Third Edition. England. (UK): Pearson Education Ltd.
Crompton, John, L. (1979). Motivations for pleasure vacation. Annals of Tourism Research, 6(4), 408–424.(US)
Creswell, J. . (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, 2nd ed. California(CA) : Sage Publication.
Dariusman Abdillah.2017. Analisis Faktor Pendorong dan Penarik Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Bali Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia.Vol. 11 [1] 1907 – 9419. (ID).
Dewi, Mahendra,Wiranatha, 2017. Faktor Pendorong Dan Penarik Orang Bali
Berwisata Ke Luar Negeri. Jumpa 3 [2] : 207 - 222
Fiki Nurrohman Amin Sahara.Mohammad Iqbal .Brillyanes Sanawiri. 2016. Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan Dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan Jurnal Administrasi Bisnis .Vol. 35 [2] : 146-154. (ID).
Gayatri Manik.I Ketut Suwena.I Wayan Suardana.2016.Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawa Backpacker Mancanegara Berwisata Ke Bali. Ipta Issn .Vol. 4 [2]. 16-20. (ID).
Hadi, Sutrisno ., (2003), Metodologi research II, Yogyakarta(ID) : Andi Offset.
Heru Aulia Azman.2019. Pengaruh Push Dan Pull Factor Terhadap Kunjungan Wisatawan Backpacker Ke Bukittinggi [Skripsi]. Padang (ID): Universitas Dharma Andalas
Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. PT Grasindo, Jakarta. (ID).
Irma Juni Sudaryanti, Erry Sukriah, dan Rosita.2015.Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Wisatawan dalam Melakukan Wisata Heritage di Kawasan Braga Kota Bandung. Manajemen Resort & Leisure. Vol. 12 [1] 43-56(ID).
Kadek Sandra Putri Dewanti . I Made Sendra .Igpb Sasrawan Mananda . 2018 . Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Wisatawan Mancanegara Berkunjung Ke Pura Puseh Desa Adat Batuan, Gianyar. Jurnal Ipta. Vol. 6 No.[ 2]. 2338-8633
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta. (ID).
Kotler, Philip, (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas Jilid 1. Indeks, Jakarta. (ID).
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. New Jersey. Prentice Hall Jakarta
Mathieson, A. and G. Wall. 1982. Tourism Economic, Physical and Social Impacts. New york : Longman (NY).
Muljadi (2009.)Kepariwisataan dan perjalanan.Jakarta(ID). PT Raja Grafindo Persada (2. 40 )
Muntasib, EKSH. 2003. Interpretasi Wisata Alam. Laboratorium Rekreasi Alam Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. [Skripsi] Bogor (ID): Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ni Wayan Ana Pradnya Dewi, Made Sudiana Mahendra, Agung Suryawan Wiranatha. 2017. Faktor Pendorong Dan Penarik Orang Bali Berwisata Ke Luar Negeri. Jumpa. Vol. 3 [2] : 207 – 222. (ID)
Pitana I Gde, Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset. Yogyakarta
Pitana, I Gede dan Gayatri, Putu G. 2005.Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta: Penerbit Andi. (ID)
Pitana I Gde, Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset. Yogyakarta. (ID)
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta. (ID)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung. (ID)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.(ID)
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: (ID): Pustaka Baru Press.
Ulber, Silalahi. (2009). Metode penelitian social bandung(ID):: PT Refika Aditama
Wahyudi,Isa.2020. Pengembangan Sarana Dan Prasarana Daya Tarik Wisata. Https://Cvinspireconsulting.Com/Pengembangan-Sarana-Dan-Prasarana-Daya-Tarik-Wisata/ (Diakses 23 Agustus 2020)
Yoon, Y., Uysal, M. (2005). An examination of the effects of motivation and satisfaction on destination loyalty: a structural model. Tourism Management, 26(1), 45-56(ID):.
Zulkarenain. “Faktor-Faktor Pendorong Dan Penarik Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam." [Skripsi]. Lampung. (ID): fkip.unila.
Published
2022-11-28
How to Cite
Sari Tanjung, R., Munajat, M., & Novianti, E. (2022). PENGARUH FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DEVOYAGE BOGOR. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(7), 7059-7072. https://doi.org/10.47492/jip.v3i7.2096
Section
Articles