PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN HIV PADA IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DI PUSKESMAS AJIBARANG I

  • Sarah Hamita Nelita Sari Dosen Keperawatan,Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Atun Raudotul Ma’rifah Dosen Keperawatan,Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Noor Yunida Triana Dosen Keperawatan,Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
Keywords: Pendidikan, HIV/AIDS, Pengetahuan, Sikap Ibu Hamil

Abstract

Latar Belakang: pendidikan kesehatan pada prinsipnya bertujuan agar masyarakat berprilaku sesuai dengan nilai kesehatan maka dari itu pendidikan tentang HIV sangatlah penting bagi ibu hamil.Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem imun tubuh manusia yang disebabkan adanya penularan secara langsung dengan penderita.  Pengetahuan yang kurang akan mempengaruhi sikap ibu hamil untuk melakukan tes HIV dan banyak ibu hamil yang tidak melaukan tes HIV selama kehamilannya.Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dan menggunakan desain one grup pre-test post –test design dengan Teknik Samping incidental mendapatkan jumlah 57 responden.Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perlunya pemberian informasi kesehatan terhadap Ibu Hamil tentang HIV/AIDS, sehingga dapat memberikan sikap positif terhadap pemeriksaan HIV/AIDS pada ibu hamil. Sikap ibu hamil terhadap pemeriksaan HIV/AIDS berada dalam kategori Positif dimana 52 responden atau 91.2% memiliki Sikap positif terhadap pemeriksaan HIV/AIDS terhadap ibu hamil.Kesimpulan: Peningkatan nilai dari pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap pemeriksaan HIV/AIDS dapat juga dipengaruhi oleh pengetahuan dasar, minat, pengalaman dan juga lingkungan

References

[1] A, W., & M, D. (2011). pengetahuan, sikap dan prilaku manusia. Nuha medika.
[2] Alemu, yihun M., Habtewold, T. D., & Alemu, S. M. (2018). Mother’s knowledge on prevention of motherto-child transmission of HIV, Ethiopia: A cross sectional study. RESEARCH ARTICLE.
[3] Alimul, H. aziz. (2021). Metodologi Keperawatan Untuk Pendidikan vokasi. health books publishing.
[4] Anggaraeningsih, i L. M. D. P. (2016). Pengetahuan Ibu Hamil Terhadap Sikap Ibu Hamil Dalam Tes HIV Di Pusat Kesehatan MAsyarakat Sikumana Tahun 2016. Jurnal Info Kesehatan, 15.
[5] C, K., & E, G. (2015). Biostatistika untuk keperawtan. ECG.
[6] constant karma. (2014). HIV/AIDS di papua. komisi penanggulangan AIDS (KPA).
[7] Dwi, A. E. (2018). HIV-AIDS ibu hamil dan pencegahan pada janin. Deepublish publisher.
[8] Hasliana, H. (2020). Asuhan Kebidanan Kehamilan Terintegrasi. insan cendikia mandiri.
[9] Hidayati, afif nurul, & Dkk. (2019). Manajemen HIV/AIDS. universitas Airlangga (AUP).
[10] Kartika, D. A. (2012). warning ibu hamil. ziyad visi media.
[11] Maryunani, A., & Aeman. (2013). Buku saku pencegahan penularan HIV ibu ke bayi penatalaksanaan di pelayanan kebidanan. Trans info media.
[12] Nikmatul mujahidah. (2019). hubungan persepsi dengan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi skripsi di universitas harapan bangsa purwokerto. skripsi fakultas ilmu kesehatan universitas harapan bangsa purwokerto.
[13] Notoatmodjo, S. (2012) Promosi Kesehatan & teori aplikasi. Jakarta: Rieka Cipta.
[14] OCTAVIA, P. D. (2018). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN PENULARAN HIV IBU KE ANAK (PPIA) DENGAN PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HIV DI PUSKESMAS PAYA LOMBANG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN 2018. POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES RI MEDAN.
[15] Ratnawati, A. (2018). Asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan sistem reproduksi. pustaka baru press.
[16] Sari, marlynda happy nurmalita, & Dkk. (2020). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. yayasan kita menulis.
[17] Siwi Elisabeth Walyani. (2015). Perawatan kehamilan dan menyusui anak pertama agar bayi lahir dan tumbuh sehat. pustaka baru press.
[18] Sugiyono (2012) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.’, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[19] Sujarweni, V. W. and Utami, L. R. (2015) ‘SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE),.
[20] Widiawati, I. (2019). SELF EFFICACY UNTUK TES HIV PADA IBU HAMIL SETELAH DILAKUKAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO. Jurnal Bidan “Midwife Journal,” 5.
Published
2022-09-28
How to Cite
Sari, S., Ma’rifah, A., & Triana, N. (2022). PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN HIV PADA IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DI PUSKESMAS AJIBARANG I. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6375-6382. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2081
Section
Articles