PENGENALAN NILAI-NILAI PANCASILA KEPADA GENERASI MUDA

  • Khairul Fatihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Andri Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mira Rosidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Abdilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Tegar Zulfikar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Neng Dalva Fanisa Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novi Purnamasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nuke Rachmadini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Ahmad Fadhil Ali Hasan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Mengajar, Nasionalisme, Generasi Muda, Pancasila

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan pada generasi penerus bangsa dengan cara mengajarkan materi mengenai Nasionalisme, Gotong Royong, dan Toleransi. Kegiatan aktualisasi ini dilakukan di daerah kediaman masing-masing mahasiswa dengan kurun waktu kurang lebih satu bulan selama bulan November 2021. Program ini dikhususkan untuk anak-anak yang sedang bersekolah di jenjang Sekolah Dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Dalam pelaksanaannya, selain anak-anak menyimak dengan baik apa yang disampaikan, anak-anak juga diberikan tayangan berupa video animasi berkaitan dengan apa yang sedang diajarkan. Untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap apa yang dijelaskan, diadakan pula sesi tanya jawab agar kegiatan pembelajaran terkesan lebih aktif. Manfaat yang anak-anak peroleh dari kegiatan ini diantaranya: anak-anak mengetahui akan pentingnya menanamkan sikap nasionalisme, gotong royong, dan toleransi sehingga mendorong mereka untuk mengaktualisasikannya di kehidupan sehari-hari.

References

[1] Aini, D. N., & Efendi, A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Pancasila dalam Pendidikan Vokasi. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 34–45.
[2] Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Bergama, 7(2), 123–131.
[3] Basyir, K. (2013). Pancasila dan Kewarganegaraan. Surabaya: Sunan Ampel Press.
[4] Bustami, M. R., Arraki, R., Purnamasari, O., Zikri, A., Syafitri, N., & Andriyani, L. (2021). Nasionalisme: Ragam Rasa. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.
[5] Khanif, A., Buana, M. S., & Wardaya, M. K. (2017). Pancasila dalam Pusaran Globalisasi. Yogyakarta: LKiS.
[6] Kusumawardani, A., & Faturochman. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, XII(2), 61–72.
[7] Latief, Y., Suryanto, A., & Muslim, A. A. (2015). “NASIONALISME” Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan I dan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Retrieved from http://pusdikmin.com/perpus/file/nasionalisme2-min.pdf
[8] Suryani, Z., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Dalam Menghadapi Masalah Rasisme Dan Diskriminasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 192–200.
[9] Ubaid, A. (2019). Perilaku Toleran dan Menghargai Perbedaan. Retrieved July 23, 2022, from kemdikbud.go.id website: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Perilaku Toleransi-BB/Topik-1.html
[10] Ulya, H. (2016). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Membangun Karakter Cinta Tanah Air dan Kreativitas Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional: Menumbuhkan Lembali Pesona Budaya Bangsa Dalam Perspektif Psikologi. Universitas Muria Kudus.
[11] Widiyaningrum, W. Y. (2019). Menumbuhkan Nilai Kesadaran Pancasila di Kalangan Generasi Muda: Kajian Teoritis. Jurnal JISIPOL, 3(3), 69–79.
Published
2022-09-28
How to Cite
Fatihah, K., Hidayat, M. A., Rosidah, M., Abdilah, M., Tegar Zulfikar, M., Fanisa Rahman, N. D., Purnamasari, N., Rachmadini, N., Fadhil Ali Hasan, N. A., & Herdiana, D. (2022). PENGENALAN NILAI-NILAI PANCASILA KEPADA GENERASI MUDA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6293-6302. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2071
Section
Articles