IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SILA KE 2 PELAJARAN PPKn SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG

  • Onny Cahyandi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nanis Hairunisya Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nafik Umurul Hadi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
Keywords: Implementasi, Nilai Pancasila & Sila ke dua

Abstract

Krisis generasi muda terhadap pemahaman nilai pancasila serta jauh dari pengamalan nilai-nilai Pancasila yang dapat terlihat pergaulan bebas mereka dari gaya berpakaian ke barat-baratan, hingga mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan sebagai mana mestinya. Maka tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi nilai nilai dasar Pancasila pada mata pelajaran PPKN Khusus nya Sila ke 2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Studi Kasus) siswa SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG Kelas XI Administrasi Perkantoran Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai nilai dasar Pancasila pada mata pelajaran ppkn khusus nya Sila ke 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab (Study kasus) siswa SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG kelas XI administrasi perkantoran dilihat dari keterlaksanaan kegiatan pemblajaran di lokasi penelitian. Nilai Pancasila sila ke dua pada mata pelajaran ppkn di sekolah di dukung oleh guru-guru  terutama guru mata pelajaran ppkn yang telah memberikan contoh yang baik. Dimensi sikap toleransi menghargai dan tenggang rasa serta terdapat aktivitas pemblajaran yang didukung oleh fasilitas yang ada di sekolah.

References

[1] Azwar. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[2] Hidayatullah . 2010 Konsistensi Nilai Nilai Pancasila. Yogyakarta: PSP-Press.
[3] Jiptabudi. 2016.Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Gramedia.
[4] Jurnal Pendidikan Sosial Horizon , Vol. 3, No. 1, Juni 2016
[5] Jurnal Santiaji. 2017 Volume 7. Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa,. Denpasar : ISSN 2087-9016.
[6] Kurniawan, Benny. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Tangerang Selatan: Jelajah Nusa
[7] Mantja. 2008 Profesionalisme Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran Kumpulan Karya Tulis Terpublikasi. Malang: Elang Mas
[8] Marsudi, Al Subandi. 2000. Pancasila Dan UUD’45 Dalam Paradigma Reformasi. Bogor: PT. Raja Grafindo Pusaka
[9] Moleong,. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. Ke-16. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[10] Mughai. 2017. “Pendididikan Pancasila edisi Revolusi. Yogyakarta: Paradigma.
[11] Naim 2012. Revolusi Pancasila, Jogjakarta: Gramedia Pustaka Utama
[12] Hairunisya, N. (2014). Pendalungan Culture as the Root of Character Education Entrepreneurship. Journal of Asian Scientific Research, 4(11), 677.
[13] Hairunisya, N., Sujono, I., Subiyantoro, H., & Rindrayani, S. (2020). Students Assessment of Teacher’s Ability and Knowledge, Attitude & Economic Skill of Students Based on the Indonesian Economy, (February). https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2286527
[14] Nanis Hairunisya. (2013). Aplikasi Metode Grounded Research. Malang, Jawa Timur: Intimedia (kelompok, Penerbit Intrans).
[15] Sadulloh, 2016 Pendidikan Pancasila Semarang: IKIP Semarang Press
[16] Satori dan Komariah. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
[17] Sugiyono. 2018 Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta..
[18] Sukmadinata. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[19] Syah 2010. Buku, Pendidikan Kewarganegaraan Orientasi filsafat pancasila Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[20] Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo
[21] Widjaja, H. A. W. 2004. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dan Ham. Indralaya: PT. Rineka Cipta
Published
2020-10-24
How to Cite
Cahyandi, O., Hairunisya, N., & Hadi, N. (2020). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SILA KE 2 PELAJARAN PPKn SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1087-1094. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.207
Section
Articles