KEGIATAN SOSIALISASI DAN MUSYAWARAH DI BERBAGAI DESA SEBAGAI BENTUK AKTUALISASI NILAI PANCASILA SILA KE 4

  • AD. Huri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Calysta Higia Shafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dera Pebriani Sopyan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dicky Andriansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Difa Amelia Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bobang Noorisnan Pelita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Desa, Mahasiswa, Musyawarah, Remaja, Sosialisasi.

Abstract

Kegiatan ini merupakan berbagai macam sosialisasi dan musyawarah sebagai bentuk aktualisasi nilai-nilai sila ke-4 Pancasila yaitu: 1) Mendeskripsikan sosialisasi kepada remaja tentang bahaya narkotika, 2) Mendeskripsikan musyawarah pemilihan ketua remaja masjid, 3) Mendeskripsikan musyawarah karang taruna, 4) Mendeskripsikan partisipasi musyawarah di desa. Tujuan aktualisasi sila ke-4, dari musyawarah dan sosialisasi yang kita lakukan yaitu dengan musyawarah ini kita dapat mempererat jalinan silaturahmi antar remaja, senantiasa memakmurkan masjid dengan mengadakan kegiatan yang berpegang teguh kepada prinsip-prinsip aqidah, ukhuwah dan dakwah Islamiyah serta menjadikan generasi muda yang mempunyai kualitas dan kuantitas ditengah tengah masyarakat juga. Menjadikan remaja yang mempunyai rasa percaya diri dan memiliki karakter yang baik dan kuat untuk menciptakan karya-karya dalam jati dirinya serta pada sosialisasi ini mengajarkan rasa bertanggung jawab kepada sesama remaja dan juga untuk memberi tahu serta mencegah para remaja agar tidak terjerumus pada narkoba, karena masih banyak hal positif yang harus dilakukan untuk masa depannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi nilai-nilai sila ke-4 Pancasila pada 4 desa dalam setiap kegiatan sosialisasi dan musyawarah selalu diliputi rasa kekeluargaan yang tinggi. Dalam musyawarah untuk mengambil suatu keputusan dengan tidak memaksakan kehendak orang lain dan seluruh pemuda melaksanakan hasil keputusan yang telah disetujui bersama, sedangkan dalam sosialisasi semua pemuda memahami dan mengetahui pada setiap materi yang telah dijelaskan.

References

[1] Herdiana, D. (2018a). Efektivitas Perencanaan Pembangunan Desa Dalam Perspektif Participatory Development Planning (Studi di Desa Dayeuh Luhur Kabupaten Sumedang, Desa Kertawangi dan Desa Jayamekar Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015-2017). Universitas Padjadjaran.
[2] Herdiana, D. (2018b). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13–26.
[3] Khanif, A., Buana, M. S., & Wardaya, M. K. (2017). Pancasila dalam Pusaran Globalisasi. Yogyakarta: LKiS.
[4] Melina. (2016). Peran Budaya Dalam Pembangunan Manusia Indonesia. Jurnal Ilmiah Dunia Ilmu, 2(4), 122–130.
[5] Nura, M., Ramadhan, M. F., Zayida, M. F., Ramadhan, M. N., Rahmi, N., Khairi, N. H., … Pelita, B. N. (2022). Program Aktualisasi Nilai Pancasila Sila Ke 1 Melalui Kegiatan Menghafal Al Qur’an Kepada Anak-anak. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(04), 198–206.
[6] Sopyanita, F. P., Fauziah, G., Meilani, F. A., Zakaria, F., Hasna, R., Herdiana, D., & Berliana, J. (2022). Kegiatan Sosialisasi Anti Rasisme Melalui Pengenalan Nilai-nilai Pancasila Kepada Anak-anak. Locus Abdimas, 1(1), 168–177.
[7] Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian Dan PPM, 4(3), 129–389.
Published
2022-09-28
How to Cite
Huri, A., Higia Shafa, C., Pebriani Sopyan, D., Andriansyah, D., Amelia Zahra, D., Herdiana, D., & Noorisnan Pelita, B. (2022). KEGIATAN SOSIALISASI DAN MUSYAWARAH DI BERBAGAI DESA SEBAGAI BENTUK AKTUALISASI NILAI PANCASILA SILA KE 4. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6275-6282. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2069
Section
Articles