PENERAPAN MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERKAIT DENGAN SIKAP DAN KOMPETENSI SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK

  • Lestariani Lestariani Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Nanis Hairunisya Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Imam Suwaktus Suja Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
Keywords: Penerapan Materi K3, Penerapan Materi K3 Terkait Dengan Sikap Dan Kompetensi Siswa & Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan (1) hubungan antara penerapan materi keselamatan dan kesehatan  kerja (K3) terkait dengan sikap siswa tata boga. (2) Hubungan antara penerapan materi keselamatan dan kesehatan kerja terkait dengan kompetensi siswa tata boga di SMKN1 Pogalan Trenggalek  (3) Penyebab masih ada siswa yang belum menerapkan materi keselamatan dan kesehatan kerja (K3 di laboratorium tata boga SMK 1 Pogalan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Triangulasi. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua siswa kelas X JBG1, jurusan Tata Boga SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2019-2020 Semester 1 berjumlah 35 orang. Hasil penelitiannya adalah 1. Peranan Materi K3 Terhadap Sikap ,sikap dan perilaku mampu membuat siswa mengubah kebiasaan-kebiasaan yang buruk pada saat praktek di lab Tata Boga, sehingga tidak membahayakan bagi dirinya dan orang lain yang ada didalam lab tersebut, yang nantinya dapat mencegah terjadinya resiko kecelakaan yang bisa merugikan semuanya. 2. siswa yang sudah memiliki kompetensi akan mampu melakukan apa saja untuk kemajuan diri demi mencapai tujuan yang diinginkan terutama dalam hal menerapkan materi K3 dan untuk mewujudkannya diperlukan strategi yang tepat, diantaranya adalah bagaimana strategi dapat mengembangkan kompetensi siswa berdasarkan kemampuan, sikap, sifat serta tingkah laku siswa sehingga membuat siswa menyenangi proses pembelajaran.

References

[1] Cecep. 2016. Kesehatan dan Keselamatan Kerja di SMK. Jakarta: Mechanical Enginering Education
[2]
[3] Ari Ariyanti. 2015. Kesehatan dan Keselamatan Kerja di SMK, Jakarta: Dian Rakyat
[4]
[5] Anayanti.2015. Buku Ajar K3. Jakarta Harapan Pers
[6]
[7] Widodo, Suparmo. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka pelajar.
[8]
[9] Mathis, R.L dan Jackson, J.H, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
[10]
[11] Ardana, I Komang, dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[12]
[13] Dainur. 1993. Materi-materi Pokok Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Widya Medika.
[14] Hadiningrum,Kunlestiowati. 2003. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
[15]
[16] Moekijat. 2004. Manajemen Lingkungan Kerja. Bandung: Mandar Maju.
[17] Suma’mur, P.K. 2012. Higine Perusahaan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Haji Mas Agung.
[18]
[19] Mangkunegara, Anwar P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rsodakarya.
[20]
[21] Anoraga, Pandji. 2005. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
[22]
[23] Budiono, M. Sugeng. 2003. Bunga Rampai Hiperkes dan Kesehatan Kerja. Semarang: UNDIP.
[24]
[25] Sutrisno dan Ruswandi. 2007. Prosedur Keamanan, Keselamatan & Kesehatan Kerja. Sukabumi: Yudhistira.
[26]
[27] Bird, Frank Jr dan Germain, George L. 1990. Practical Loss Control Leadership. USA: Institute Publishing.
[28]
[29] Suma’mur. 2009. Higiene Perusahaan Dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: Sagung Seto.
[30] Suma’mur. 1981. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Haji Masagung.
[31]
[32] Reese, C. D. 2009. Industrial Safety and Health for Administrative Services. USA: CRC Press.
[33]
[34] Tjandra, Sheddy Nagara. 2008. Kesekretarisan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[35]
[36] Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan DariAspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Bandung: Mandar Maju.
[37] Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Etika Lingkungan Dengan Sikap Dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan.Jurnal Ilmu Lingkungan. https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
[38] Solahudin, S., Mardji, M., & Martiningsih, A. (2017). Pengaruh Sikap Dan Penguasaan Siswa Tentang Materi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Pelaksanaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di Bengkel Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Rejotangan.Jurnal Teknik Mesin.
[39] Pulungan, rafiah maharani, & triani, bintari. (2017). Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Di Laboratorium Pada Siswa Di Smk Kimia Tunas Harapan Jakarta Timur.JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN. https://doi.org/10.33757/jik.v1i1.35
[40] Santri, N. F. (2017). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Watampone. Jurnal Biotek.
[41] B, Y. O., Rosyid, H., & Lestari, A. (2001). Hubungan Antara Sikap Terhadap Penerapan Program K3 Dengan Komitmen Karyawan Pada Perusahaan. Jurnal Psikologi UGM. https://doi.org/10.22146/jpsi.7685
[42] Zuchdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
[43] Hartono, A., & Sutopo, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Persepsi Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.21831/dinamika.v3i2.21402
[44] Hubungan Keselamatan dan Kesehatan (K3) dengan Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus: Bagian Pengolahan PTPN VIII Gunung Mas, Bogor). (2005). Jurnal Manajemen.
[45] Prof.Dr.Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D, Alfabeta,CV
[46] Dr M.A Lexy J, Moeleong. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). (2019). PT Remaja Rosda Karya
[47] Dr M.A Lexy J, Moeleong. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). (2017). PT Remaja Rosda Karya
[48] John W Cresweel. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset.(2015). International Journal of Psysiologi
[49] Imam Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. (2014) Jakarta Bumi Aksara
[50] H. Mudjia Rahardjo. Triangulasi dan Penelitian Kualitatif.(2014) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Jakarta
[51] MSi,Prof, H. Mudjia Rahardjo, Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif, Konsep dan Prosedurnya. (2014), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Jakarta
[52] Hairunisya, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepala Desa Dan Efikasi Diri Masyarakat Terhadap Perilaku Sadar Wisata. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
[53] Hairunisya, N., Sujono, I., Subiyantoro, H., & Rindrayani, S. (2020). Students Assessment of Teacher’s Ability and Knowledge, Attitude & Economic Skill of Students Based on the Indonesian Economy, (February). https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2286527
[54] Nanis Hairunisya. (2013). Aplikasi Metode Grounded Research. Malang, Jawa Timur: Intimedia (kelompok, Penerbit Intrans).
[55] Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (n.d.). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 28(1), 53–60. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/12818/pdf
Published
2020-10-24
How to Cite
Lestariani, L., Hairunisya, N., & Suja, I. (2020). PENERAPAN MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERKAIT DENGAN SIKAP DAN KOMPETENSI SISWA TATA BOGA SMK NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1079-1086. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.206
Section
Articles