STRATEGI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI KAMPUNG WISATA BALUWARTI SURAKARTA

  • Deria Adi Wijaya Univeristas Sebelas Maret
  • Amad Saeroji Univeristas Sebelas Maret
  • Jimmi Sandi Prasetyo Univeristas Sebelas Maret
  • Tomi Agfianto Univeristas Sebelas Maret
Keywords: Pemasaran, Website, Kampung Wisata Baluwarti & Kota Surakarta

Abstract

Artikel ini difokuskan pada upaya pemasaran berbasis website di Kampung Wisata Baluwarti Kota Surakarta. Hal tersebut dilakukan sebagai strategi pemasaran produk wisata sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat serta didukung Dinas Pariwisata Kota Surakarta yang ingin mengembangkan wilayah berbasis ekonomi kreatif di kawasan Kota Surakarta. Lokasi penelitian berada di Kampung Baluwarti Kota Surakarta. Artikel ini berfokus pada peningkatan pemasaran melalui website sebagai media pemasaran di dunia digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi partisipasi, diskusi, operasional kerja, dan pendampingan secara langsung. Hasil penelitian ini bahwa data yang berkaitan dengan objek antara lain, pengenalan dan pengoperasionalan website pada pengelola Kampung Wisata Baluwarti. Pemasaran produk-produk wisata melalui website pada Kampung Baluwarti sangat dibutuhkan mengingat selama ini upaya pemasaran dilakukan secara terbatas pada media konvensional dan sosial, oleh karena itu website sebagai rumah (home) dari kemasan berbagai produk wisata Kampung Baluwarti dapat dipasarkan sesuai perkembangan teknologi.

References

[1] _________2015. Laporan Monografi Maret 2015 Kampung Baluwarti. Surakarta.
[2] Bowie, David dan Butle, Francis. 2004. Hospitallity Marketing: An Introduction. Burlington: Butter-worth-Heinemann.
[3] BPS Kota Surakarta. 2019. Kota Surakarta Dalam Angka 2019. Surakarta. BPS Kota Surakarta.
[4] Kotler, P and Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid I Edisi 6. Prehallindo: Jakarta.
[5] Kotler, P dan Keller. 2012:27. Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 (Terjemahan Bob Sabran) Jakarta: Erlangga.
[6] Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya. 2005. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta. Penerbit Andi.
[7] Ritche, Brent dan Goeldner, Charles R (ed). 1987. Travel, Tourism and Hospitality Research. New York: John Willy & Sons.
[8] Soeratman, Darsiti. 1989. Kehidupan Dunia Keraton Surakarta 1830-1939. Yogyakarta: Yayasan Untuk Indonesia.
[9] Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.
[10] Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung:
Published
2020-10-24
How to Cite
Wijaya, D., Saeroji, A., Prasetyo, J., & Agfianto, T. (2020). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI KAMPUNG WISATA BALUWARTI SURAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1043-1048. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.201
Section
Articles