EFEKTIFITAS DIGITALISASI DALAM PENGAJUAN ADMINISTRASI MASYARAKAT DESA MOJOMALANG

  • Siti Lia Anggraeni Program Studi Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Efektifitas, Pelayanan Publik, Desa Mojomalang, Layanan Mandiri, Good Governance

Abstract

Dalam penyusunan pelayanan publik, aparatur pemerintahan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam rangka menciptakan kesejahteraan masyarakat. Pelayanan yang terbaik adalah pelayanan yang berkualitas. Menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan dan peluang, aparatur negara sebagai pelayan masyarakat yang memberikan pelayanan sebaik-baiknya menuju good governance. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat setiap waktu selalu menuntut pelayanan publik yang berkualitas dari birokrat yang dilakukan secara transparan dan akuntabilitas. Pelayanan Masyarakat dapat dibilang efektif apabila masyarakat memberikan kemudahan dalam hal pelayanan sehingga lebih cepat, hemat, murah, responsive dan produktif. Efektivitas merupakan salah satu pencapaian yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi agar dapat memuaskan masyarakat sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Tingkat efektivitas dapat diukur dengan membandingkan antara rencana dan target yang telah ditentukan dengan hasil yang dicapai, maka usaha atau hasil pekerjaan yang dilakukan tidak tercapai sesuai dengan rencana maka hasil itu dikatakan tidak efektif. Efektifitas mengarah kepada pencapaian kerja yang maksimal, yaitu pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu. Maka dari itu dalam pelaksanaan magang ini, penulis mengharapkan pencapaian kerja yang maksimal serta mengetahui seberapa efektif Layanan Mandiri ini. Penulis sangat berharap besar penggunaan Website dan Aplikasi Layanan Mandiri ini sangat efektif untuk Desa Mojomalang. Metode yang digunakan ada tiga yaitu : (a) Observasi atau pengamatan, (b) Wawancara, (c) Dokumentasi, (d) Pengumpulan data.

References

[1] Andi, N. d. (2021). Digitalisasi Pelayanan Administrasi Surat Pada Desa Bandarsari. Journal of Technology and Social for Community Service, 3(1).
[2] Andrianto, N. (2007). Good E-Goverment: Transparasi dan Akuntabilitas Publik Melalui E Goverment. Banyu Media.
[3] Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Goverment: Studi Kasusu Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi Dan Informasi Di Kabupaten Purwakarta. Politikom Indonesiana, 3(1), 12.
[4] Febria, R. (2016). Penerapan Layanan E-Goverment Dalam Perwujudan Good Goverment di Pemerintahan Kota Malang. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(2), 238-246.
[5] Handayaningrat, S. (1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : CV. Haji Masagung.
[6] Sesana, P. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, 3, 11.
[7] UU No.25 tahun 2009
[8] Peraturan Desa Mojomalang Nomor 8 Tahun 2020
[9] pasal 1 ayat (1) UU No 25 Tahun 2009
[10] Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003
Published
2022-08-22
How to Cite
Anggraeni, S. L. (2022). EFEKTIFITAS DIGITALISASI DALAM PENGAJUAN ADMINISTRASI MASYARAKAT DESA MOJOMALANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5741-5750. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.1950
Section
Articles