ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) DENGAN INTERVENSI TERAPI INSTRUMEN MUSIK DI RUANG EDELWEIS ATAS

  • Sarah Hamita Nelita Sari Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Indri Heri Susanti Dosen Keperawatan, Fakultas Kesehatan Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
Keywords: CKD, Gangguan Pola Tidur, Terapi Instrumen Musik

Abstract

Pendahuluan: Penyakit CKD atau gagal ginjal kronik adalah penurunan faal ginjal yang menahun, yang umumnya tidak reversible dan cukup lanjut. Penyakit ginjal kronik merupakan suatu proses yang patologis dengan etiologi yang beragam mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif dan pada umumnya akan berakhir dengan  gagal ginjal. Adanya gangguan pola tidur membuat penderita merasa ngantuk pada siang hari dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk penerapan terapi instrument musik terhadap gangguan pola tidur. Metodologi: penelitian ini menggunakan merode case study pada Tn.I, serta untuk implementasi keperawatan yang di lakukan pada Tn.I adalah terapi insrumen musik untuk mengatasi gangguan pola tidur. Hasil: hasil evaluasi intervensi yang diberikan kepada Tn.I dengan menggunkan terapi instrument musik terdapat adanya  pengaruh terapi instrument musik terhadap gangguan pola tidur ada pasien CKD dengan mean sebelum diberikan terapi instrument musik. Kesimpulan tersebut dapat disimpulkan analisis menunjukan bahwa pemberian terapi insrumemen musik selama 3 x 24 jam pada pederita CKDadanya perbedaan durasi lamanya tidur sebelum dan sesudah diberikan tindakan terapi instrument musik menunjukan adanya peningkatan kualitas tidur pederita CKD 4 jam menjadi 8 jam.

References

Nur fitria pipit, permana irman, yuniarti fasalifah ani. (2018). Pengaruh musik instrument dan sleep hygiene terhadap gangguan tidur pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisadi RS PKU muhammadiyah yogyakarta. Dinamika Kesehatan, VOL 9.
[2] Juwita, L., & Kartika, I. R. (2019). Pengalaman Menjalani Hemodialisa Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis. E-ISSN - 2477-6521, Vol 4(1).
[3] Ramdani wahyu. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN CHRONIC KIDNEY DESEASE (CKD) DI RUANG PENYAKIT DALAM PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG.
[4] Pius, E. S., & Herlina, S. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT TARAKAN JAKARTA.
[5] Sri Nuryati , Rodiyah, M. I. A. A. (2017). PENGARUH TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL TERHADAP INSOMNIA PADA LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA JOMBAN. Jurnal Ilmiah Keperawatan, vol.3.
[6] Muttaqin, Arif dan Kumala Sari. 2011. Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Perkemihan.Jakarta : Salemba Medika
[7] Atiek, ayundita yaniescha dan murharyati. (2020). Asuhan Keperawatan Pasien Gagal Ginjal Kronik (GGK) Dalam Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis Istirahat dan Tidur. Universitas Kusuma Husada, GGK, 7.
[8] MALIK, W. J. (2019). PENGARUH INTERVENSI MUSIK PADA KUALITAS TIDUR PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SUMATERA UTARA.
Published
2022-08-22
How to Cite
Nelita Sari, S. H., & Susanti, I. H. (2022). ASUHAN KEPERAWATAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA PASIEN CHRONIC KIDNEY DISEASE (CKD) DENGAN INTERVENSI TERAPI INSTRUMEN MUSIK DI RUANG EDELWEIS ATAS. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5713-5716. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.1946
Section
Articles