PENGARUH INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Azaz Akbar Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Perpustakaan, Kunjungan, Hasil Belajar

Abstract

Menemukan cara untuk mendorong siswa belajar merupakan jalan efektif untuk perubahan sosial. Salah satu institusi yang mendorong siswa untuk gemar belajar secara independen adalah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas kunjungan  perpustakaan dengan hasil belajar siswa. Hipotesis dari artikel ilmiah ini mengasumsikan adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi antara intensitas kunjung ke perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 33 Buton Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari pengolahan data dua variabel yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat adalah intensitas kunjungan ke perpustakaan, sedangkan variabel bebasnya adalah hasil belajar siswa. Artikel ini juga menyuguhkan hasil dari uji linearitas dan uji hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang simultan antara intensitas kunjungan ke perpustakaan dengan hasil belajar siswa SD Negeri 33 Buton.

 

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Andi Prastowo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana

Azaz Akbar. 2018. Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Akreditas. Makassar : Leisyah

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. 2013. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah. Bandung : Literate

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Winatapurta, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Husnatun Inabah. 2020. Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan “PuspaCendekia” SD Negeri Pakis 1. Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No.1 Tahun 2020

Didik Kurniawan. 2008. Kontribusi pemanfaatan waktu belajar, intensitas kunjungan perpustakaan, dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar Biologi Siswa kelas X.
Published
2020-10-24
How to Cite
Akbar, A. (2020). PENGARUH INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1181-1184. https://doi.org/10.47492/jip.v1i6.189
Section
Articles