PENGARUH INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Menemukan cara untuk mendorong siswa belajar merupakan jalan efektif untuk perubahan sosial. Salah satu institusi yang mendorong siswa untuk gemar belajar secara independen adalah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas kunjungan perpustakaan dengan hasil belajar siswa. Hipotesis dari artikel ilmiah ini mengasumsikan adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi antara intensitas kunjung ke perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 33 Buton Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari pengolahan data dua variabel yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat adalah intensitas kunjungan ke perpustakaan, sedangkan variabel bebasnya adalah hasil belajar siswa. Artikel ini juga menyuguhkan hasil dari uji linearitas dan uji hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan ada hubungan yang simultan antara intensitas kunjungan ke perpustakaan dengan hasil belajar siswa SD Negeri 33 Buton.
References
Andi Prastowo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta : Kencana
Azaz Akbar. 2018. Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Akreditas. Makassar : Leisyah
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman. 2013. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah. Bandung : Literate
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Winatapurta, Udin S., dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Husnatun Inabah. 2020. Pengaruh Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan “PuspaCendekia” SD Negeri Pakis 1. Jurnal Perpustakaan Vol. 11 No.1 Tahun 2020
Didik Kurniawan. 2008. Kontribusi pemanfaatan waktu belajar, intensitas kunjungan perpustakaan, dan kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar Biologi Siswa kelas X.