PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 SIAK HULU

  • Dinelti Fitria SMPN Negeri 1 Siak Hulu
  • Neviyarni Neviyarni Universitas Negeri Padang
  • Mudjiran Mudjiran Universitas Negeri Padang
  • Herman Nirwana Universitas Negeri Padang
Keywords: Pelaksanaan Layanan, Bimbingan Dan Konseling Di SMP Negeri 1 Siak Hulu

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan data yang telah diperoleh secara langsung maka secara umum dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Siak Hulu sudah berjalan dengan baik walaupun ada dua kekurangan yaitu kurangnya personil guru bimbingan dan konseling, dan kurangnya jam pelajaran bimbingan dan konseling.

References

[1] Darminto, D. E., & Si, M. (2013). Guidance and Counseling Program Model at Junior High School Inclusive Education Providers. Bimbingan Dan Konseling, 01 nomor 0, 44–49.
[2] Engel. (2014). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
[3] Fitri, I. A. D., Hidayat, D. R., & Hartati, S. (2019). Manajemen program bimbingan konseling Sekolah Menengah Pertama. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 103. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i2.4808
[4] Hatunoğlu, B. (2021). The impressions of school managers on psychological counseling and guidance services: A descriptional study. African Educational Research Journal, 9(1), 160–167. https://doi.org/10.30918/aerj.91.21.021
[5] Muis, T. (2006). PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI DAN SMP SWASTA SE-KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK Nungky Dwi Noviyanti. Mahasiswa Bimbingan Konseling., 1(1), 1–8.
[6] Noor, M., Atieka, N., & Yunisa, L. (2020). Counseling Milenial ( Cm ). 1(December), 9–23.
[7] Nurohman, A., & Prasasti, S. (2019). Pentingnya Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (SD). Jurnal IImiah Konseling, 19(1), 1–14.
[8] Priciliasari, L., Mayasari, S., & Oktariana, Y. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama The Evaluation of The Implementation of Guidance and Counseling Services at Junior High School. D.
[9] Solihah, F. (2003). Konsep Bimbingan Konseling ( Bk ) Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Dalam Memberikan Keterampilan Manajemen Diri Dan Pencegahan Korupsi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 239–262.
[10] Suryanti. (2014). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Cemerlang, 2(2), 33–52. https://ejurnal.unikarta.ac.id
[11] Syafrina, D., Dermawan, T., & Widiati, N. (2017). Di Sekolah Menengah Pertama. 1, 706–713.
[12] Tadjri, M. A. M. M. E. W. I. T. 2014. (2014). Model Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Sekolah Menengah Pertama (Studi Pada Smp Negeri 6 Rembang). Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 6.
Published
2022-07-28
How to Cite
Fitria, D., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 SIAK HULU. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5263-5268. https://doi.org/10.47492/jip.v3i3.1853
Section
Articles